Merenungi Insiden Poster ‘Sambat’ ke Jokowi dan Anjloknya Harga Telur

Kompas.com - 08/09/2021, 06:08 WIB
Seorang pria membentangkan poster di depan mobil Presiden Jokowi di Kota Blitar, Selasa (7/9/2021) KOMPAS.COM/ASIP HASANISeorang pria membentangkan poster di depan mobil Presiden Jokowi di Kota Blitar, Selasa (7/9/2021)


JAKARTA, KOMPAS.com – Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar, Selasa (7/9/2021) diwarnai aksi ‘sambat’ melalui pembentangan poster.

Seorang pria tiba-tiba membentangkan poster saat mobil Kepala Negara beranjak meninggalkan lokasi vaksinasi di area PIPP Kota Blitar menuju Makam Bung Karno.

Poster kertas karton berwarna putih tersebut berisi tulisan "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar."

Baca juga: Jokowi: Inflasi Rendah Bisa Saja Mengindikasikan Turunnya Daya Beli

Mengapa kalimat ‘sambat’ tersebut bisa sampai tersaji di hadapan Jokowi?

Jika direnungkan, isi poster tersebut berkaitan dengan kondisi para peternak yang terdampak anjloknya harga telur di pasaran. Sementara, harga pakan ternak mulai merangkak naik.

Di sejumlah daerah, para peternak ayam petelur bahkan membagi-bagikan telur secara gratis kepada warga sekitar karena harga jual yang jauh di bawah harga produksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rincian merosotnya harga telur

Harga telur di sejumlah daerah memang kian merosot dalam beberapa waktu belakangan. Salah satu potret nyata merosotnya harga telur terjadi di wilayah DKI Jakarta.

Dikutip dari laman resmi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis di portal Informasi Pangan Jakarta, harga telur ayam ras di Jakarta mencapai titik terendah sepanjang tahun 2021 pada 7 September 2021.

Baca juga: Potret Rasio Utang Pemerintah: Turun Era SBY, Naik Lagi di Era Jokowi

Rata-rata harga telur ayam ras di Jakarta pada 7 September 2021 adalah Rp 21.739 per Kg. Di hari yang sama, telur di Pasar Senen Blok III-VI bahkan dijual seharga Rp 19.000 per Kg.

Jika dilihat berdasarkan fluktuasi harga harian, sejak 1 Agustus 2021 harga telur di Jakarta nyaris konsisten mengalami penurunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.