KILAS

Mentan Kunker ke Papua, Staf Khusus Presiden: Bukti Negara Bangun Pertanian Merata

Kompas.com - 08/09/2021, 10:26 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Provinsi Papua beberapa waktu lalu. DOK. Humas KementanMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Provinsi Papua beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com – Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Billy Mambrasar mengatakan, kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ke Provinsi Papua beberapa hari lalu merupakan bukti negara hadir untuk masyarakat.

Dalam hal ini, kata dia, negara hadir di semua provinsi dan berkomitmen membangun sektor pertanian secara merata dan berkelanjutan.

“Saya mengapresiasi dan bersyukur atas kehadiran Mentan ke tanah Papua. Bagi saya, kehadiran Pak Menteri membawa semangat baru dalam pembangunan pertanian di Papua yang semakin masif dan mampu mendukung peningkatan kesejahteraan petani," ujarnya, Selasa, (7/9/2021).

Billy menjelaskan, kehadiran Mentan di tanah Papua, yakni Jayapura, Sorong, dan Merauke sudah mengobati kerinduan petani asli Papua yang selama ini berkontribusi besar terhadap jalannya pembangunan pertanian.

Tokoh milenial Papua ini mengaku, dia melihat Mentan yang menyempatkan diri beraudiensi dengan petani milenial orang asli Papua.

Baca juga: NTP dan NUTP Agustus 2021 Naik, Kementan: Bukti Kesejahteraan Petani Membaik

“Kemudian melakukan pelatihan terhadap komunitas petani milenial di Jayapura dan Merauke. Saya pikir ini langkah yang tepat dan perlu kita apresiasi bersama," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Billy menambahkan, pertanian selama ini merupakan sektor penunjang utama bagi pertumbuhan ekonomi di Papua.

"Perlu diingat bahwa sektor pertanian merupakan sektor penyerap tenaga kerja terbanyak di Papua maupun di Papua Barat, khususnya untuk demografis anak muda,” sebutnya.

Menurutnya, hal tersebut telah menjadi perhatian presiden dan Mentan SYL. Oleh karenanya, dia mengajak semua pihak mengawal program pertanian di Papua agar berjalan lancar.

“Maju terus petani milenial, maju terus pertanian dan maju terus Indonesia," katanya.

Baca juga: Nilai Tukar Petani Meningkat, Peneliti UI: Tak Lepas dari Kinerja Kementan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.