Ini Strategi MNCN Dongkrak Pendapatan hingga Penghujung Tahun 2021

Kompas.com - 08/09/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berupaya mendorong kinerja positif hingga akhir tahun 2021. Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), Noersing mengungkapkan, bisnis baru perseroan pada divisi gaming diharapkan akan memperkuat portofolio perseroan kedepannya.

“Divisi gaming adalah terobosan terbaru perseroan di bidang hiburan, siap untuk merambah pasar game Indonesia yang berkembang dengan sangat pesat dan memperluas lini operasi bisnis game-nya dengan mendirikan unit bisnis yang berfokus bernama, Esports Star Indonesia (ESI),” kata Noersing dalam siaran pers seperti dikutip Kompas.com, Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Noersing menjelaskan, unit bisnis baru tersebut diharapkan dapat memperkuat portofolio digital MNCN di tahun-tahun mendatang.

ESI akan merilis game pertamanya yang berjudul Rapid Fire pada Q4-2021 dan akan didukung penuh oleh kemampuan pemasaran dan promosi grup.

Pendapatan dalam industri gaming diprediksi akan melebihi 2 miliar dollar AS di tahun 2021, dan rata-rata pertumbuhan sekitar 25 persen hingga 35 persen untuk 2 sampai 3 tahun ke depan.

Baca juga: Sederet Proyek Pelabuhan yang Ditawarkan Indonesia ke Jepang

Berangkat dari situ, industri gaming dinilai memiliki pertumbuhan yang pesat tiap tahunnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Area fokus lain di bawah divisi game juga mencakup manajemen tim E-Sports yang berasal dari program pencarian bakat game milik perseroan dan manajemen kemitraan dengan penyedia game lokal dan internasional untuk bergabung di aplikasi RCTI+ sebagai platform agregator game. Perseroan juga berupaya meningkatkan produksi dan penyiaran program kompetisi E-Sports yang sedang berlangsung.

Perseroan juga mengungkapkan komitmennya untuk memperkuat kualitas kemampuan produksi dan terus meningkatkan jumlah produksi konten lokal terbaru bagi platform televisi.

Noersing mengungkapkan, sekitar 80 persen dari total konten yang disiarkan menunjukkan hasil yang memuaskan dengan secara konsisten meraih lebih dari 53 persen pangsa pemirsa selama empat bulan terakhir.

"Program-program MNCN lainnya juga menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan mencatatkan 9 dari 10 program, masuk sebagai program yang paling banyak ditonton selama bulan Juli 2021," kata Noersing.

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo menyebut kinerja bisnis utama MNCN menunjukkan performa yang baik pada tahun ini.

“Tim manajemen berfokus pada pencapaian target operasional dan keuangan kami, serta berinvestasi dalam inovasi untuk membangun fondasi baru agar mencapai kesuksesan baik di lini media tradisional maupun digital yang berkembang pesat. Kami akan terus berinovasi dengan visi dan kecepatan yang lebih baik, yang pada akhirnya akan mampu mewujudkan aspirasi kami," kata Hary.

Baca juga: Peserta Kartu Prakerja, Segera Beli Pelatihan Pertama agar Dapat Insentif Rp 600.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.