Meski Terdampak Pandemi, Laba Jasa Marga Masih Tumbuh Signifikan di Semester I-2021

Kompas.com - 08/09/2021, 17:43 WIB
Ilustrasi penyekatan di jalan tol yang dilakukan Jasa Marga Dok. Jasa MargaIlustrasi penyekatan di jalan tol yang dilakukan Jasa Marga

JAKARTA, KOMPAS.com – Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mengatakan pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap bisnis JSMR.

Walau demikian, perseroan berhasil mencetak pertumbuhan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 855,63 miliar atau naik 709 persen dibanding perolehan periode sama tahun lalu Rp 105,73 miliar.

“Perseroan masih dapat mempertahankan market share di posisi 51 persen dengan berhasil menambah pengoperasian sepanjang 55,94 Km jalan tol sejak awal tahun hingga saat ini," ujar Milka dalam public expose live, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Kemenko Marves: Proyek Tol Cisumdawu Bisa Selesai Akhir 2021, Asalkan...

Namun, secara keseluruhan, pendapatan usaha tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 12,7 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

Milka mengakui hal ini disebabkan pandemi Covid-19.

Pada semester I tahun 2021, perseroan juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan EBITDA margin yang disebabkan oleh beroperasinya jalan tol baru di tengah pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

EBITDA meningkat sebesar 40,76 persen seiring dengan meningkatnya pendapatan Tol di Semester I Tahun 2021.

Hal ini juga menyebabkan peningkatan EBITDA Margin yang mencapai 64,10 persen.

Baca juga: Masyarakat yang Ingin Vaksinasi di Tol Jagorawi Diwajibkan Daftar Online

“Pertumbuhan kinerja Semester I Tahun 2021 juga perbaikan yang tercermin dari Pendapatan Usaha yang naik sebesar 29,95 persen karena telah beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru yang didukung oleh meningkatnya mobilisasi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan volume lalu lintas,” ujar Milka.

Di tengah pandemi dan kondisi pendapatan tol yang masih dalam tahap pemulihan serta telah beroperasinya mayoritas ruas-ruas jalan tol Jasa Marga Group di tahun 2021 ini, Interest Bearing Debt to Equity Ratio Perseroan tetap terjaga dalam koridor yang dipersyaratkan oleh para kreditur.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.