Inovasi Mettalica, Guns N’ Roses, Nirvana Tiga Puluh Tahun Lalu

Kompas.com - 09/09/2021, 06:11 WIB
Ilustrasi inovasi SHUTTERSTOCKIlustrasi inovasi

TAHUN  1991, tiga puluh tahun lalu, merupakan tahun puncak musik rock. Para maestro grup rock dengan tiga wakilnya paling bersinar - Metallica, Guns N’ Roses, Nirvana - mengeluarkan album yang tercatat sebagai album rock terbaik dan terlaris sepanjang masa.

Dimulai oleh Metallica. Selaras dengan namanya, Metallica memang mengusung musik metal nan gemuruh memekakkan telinga.

Didirikan oleh sang vokalis, James Hetfield dan drummer Lars Ulrich tahun 1981 di Los Angeles, Metallica langsung menggebrak panggung-panggung metal yang tersebar di pojok-pojok kota.

Bergabungnya Dave Mustaine pada posisi lead guitar dan Cliff Burton sebagai pencabik bass, Metallica menelorkan album perdana “Kill 'Em All” pada 1983. Dari album ini hadir lagu "Seek and Destroy" yang kemudian menjadi penanda musik Metallica.

Album pertama sukses, justru Dave Mustaine mundur, posisinya diganti oleh Kirk Hammett. Pada 1986 Cliff Burton pamit dan diganti Jason Newsted.

Formasi baru ini -Hetfield, Ulrich, Hammett, Newsted - langsung tancap gas dan pada 1988 menghasilkan album ke empat bertajuk "…And Justice for All".

Dengan bekal empat album, Metallica menjadi grup rock (metal) papan atas. Setelah tour panjang yang selalu disesaki penonton, Metallica kembali ke dapur rekaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kali ini bertindak sebagai produser adalah Robert Jens Rock. Dan Robert Rock berinovasi pada warna musik Metallica.

Musiknya tidak melulu bergemuruh, namun ada sentuhan slow yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat.

Untuk melahirkan album ini Robert Rock memerintah James Hetfield yang terasa muskil; berlatih vokal. Reputasi gemilang Hetfield sebagai vokalis rock, digugat oleh Robert Rock untuk kembali belajar vokal pada guru profesional.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.