KILAS

Geliat Bisnis Bertahan di Masa Pandemi dan Semangat Mendorong Ekonomi Lokal

Kompas.com - 09/09/2021, 12:43 WIB
Seorang pengunjung sedang melakukan transaksi menggunakan ShopeePay sembari menikmati promo cashback 60% di sentra UMKM Le Garden
DOK. ShopeePaySeorang pengunjung sedang melakukan transaksi menggunakan ShopeePay sembari menikmati promo cashback 60% di sentra UMKM Le Garden

KOMPAS.com – Berbagai tantangan dan pasang surut dunia bisnis harus dilalui setiap pengusaha, termasuk pandemi Covid-19 yang berdampak pada operasional usaha dan menuntut mereka lebih cerdas mengatasi situasi yang ada.

Owner atau pemilik Jiro Ramen, Valencia Arifin mengatakan, saat pandemi Covid-19 hadir di Indonesia, khususnya Palembang, bisnis Jiro Ramen benar-benar terdampak.

“Kami pun terpaksa harus tutup dua bulan sesuai kebijakan pemerintah saat itu walaupun di sisi lain saya sebagai pelaku bisnis memiliki tanggung jawab bagi para karyawan Jiro Ramen,” ujarnya.

Namun, Valencia mengaku timnya tidak menyerah sehingga berhasil membawa Jiro Ramen melewati masa sulit di awal pandemi dan bertahan hingga sekarang.

Berbagai upaya dilakukan Valencia untuk bertahan, mulai dari analisis modal, menambah varian menu, memanfaatkan media sosial, hingga integrasi dengan ekosistem digital, yakni layanan pembayaran digital ShopeePay.

Baca juga: Ramaikan 9.9 Super ShopeePay Deals, Patricia Gouw Alih Profesi Jadi Admin Medsos

Dia menyebutkan, setelah bergabung menjadi merchant ShopeePay, hadirnya program cashback yang disediakan ShopeePay menstimulasi Jiro Friends, sebutan komunitas pecinta Jiro Ramen, untuk mampir ke gerai dan lebih antusias menggunakan pembayaran digital.

“Kami harap ke depannya Jiro Ramen dan ShopeePay dapat berjalan beriringan dalam mengembangkan bisnis. Tidak hanya bagi Jiro Ramen, tetapi juga seluruh pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM),” tutur Valencia.

Semangat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal juga tercermin dari Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Komunitas ini saling bahu membahu mendukung pemilik usaha yang tergabung dalam komunitas untuk bangkit.

Ketua Komunitas TDA Palembang 5.0 Asep Somanhudi mengatakan, pihaknya percaya kuliner merupakan salah satu industri yang kompetitif dan kerap kali menuntut para pelaku usaha untuk terus kreatif dan inovatif.

Baca juga: Cara Isi Ulang dan Cek Saldo e-Money Mandiri di Shopee

“Di dalam komunitas TDA, kami mengedepankan diskusi dan kolaborasi guna menemukan strategi yang tepat bagi pelaku bisnis,” terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.