Dulu Lahan Rawan Kebakaran, Kini Jadi Pertanian Nanas yang Bawa Cuan

Kompas.com - 09/09/2021, 14:56 WIB
Pertanian Nanas di lahan gambut Dokumentasi PertaminaPertanian Nanas di lahan gambut
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah jadi rahasia umum jika lahan gambut merupakan kawasan rawan kebakaran hutan. Salah satunya lahan gambut yang berada di sekitar PT Kilang Pertamina Unit Sei Pakning, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Dulu, lahan tersebut tidak terawat, ditumbuhi semak dan sering terjadi kebakaran lahan. Akibat hal itu, Kampung Jawa yang berada di sekitar lahan tersebut kerap disebut "Kampung Neraka".

"Kami warga secara mandiri selalu disibukkan dengan pemadaman api. Lahan pun tidak memberikan hasil apa-apa bagi kami,” kata Samsul, tokoh penggerak masyarakat Kampung Jawa, seperti dikutip dari siaran pers Pertamina, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Samsul mengungkapkan, kebakaran tidak padam satu dua hari, bahkan bisa berhari-hari atau berbulan-bulan. Akibat hal itu, aktivitas warga menjadi terganggu, bahkan memicu penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

Baca juga: Mengecap Manisnya Budidaya Lebah Madu di Halaman Rumah

Namun cerita itu kini tinggal sejarah. Sebab puluhan hektar lahan gambut tersebut telah digarap menjadi pertanian nanas oleh beberapa kelompok masyarakat.

Pemerintah, masyarakat dan Kilang Pertamina Unit Produksi Sei Pakning turut andil dalam mengembangkan pertanian nanas, serta penghijauan di lahan gambut tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengembangan lahan gambut tersebut di awali dari program pemanfaatan lahan gambut bekas terbakar pada 2017.

Samsul mengatakan, pengembangan pertanian Nanas dipilih karena untuk mengelolanya dan membuka lahannya tidak menggunakan sistem bakar.

"Dari awal hanya saya garap sekitar setengah hektar, kini sudah berlipat-lipat menjadi 30 hektar lahan gambut yang digarap warga Kampung Jawa sebagai Kawasan Pertanian Nanas Terintegrasi,” kata Samsul.

Kini lahan gambut yang dulunya rawan terbakar tersebut memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat baik dari hasil pertanian Nanas, maupun beragam produk olahan Nanas yang dibuat ibu rumah tangga.

Baca juga: Peternak Ayam: Pak Jokowi, Kalau Begini Terus Nangis, Bangkrut Kita

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.