Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi Astra International Kembangkan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 09/09/2021, 16:29 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Djony Bunarto Tjondro mengungkapkan, kondisi bisnis masih penuh dengan tantangan hingga akhir tahun. Maka dari itu, perseroan menerapkan beberapa strategi untuk memastikan ketahanan perusahaan di tengah situasi tidak pasti saat ini.

“Saya kira ada baiknya kita memulainya dengan fokus Astra jangaka pendek. Dalam jangka pendek Astra memastikan ketahan atau resilience dengan situasi pandemi, tantangan perekonomian, dan ketidakpastian,” ujar Djony dalam public expose live, Kamis (9/9/2021).

Djony mengungkapkan, ada beberapa langkah prioritas yang sudah ditetapkan perusahaan untuk menghadapi kondisi saat ini. Hal pertama adalah dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan karyawan Astra.

Kedua, pihaknya selalu memastikan adanya kedisiplinan dalam pengelolaan finansial pada seluruh lini grup Astra. Saat ini Astra memiliki 7 lini bisnis meliputi otomotif dan jasa keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi, serta properti.

Baca juga: Kementerian BUMN Minta Garuda Indonesia Pelajari Putusan Pengadilan Arbitrase London

“Tentunya kami selalu memastikan adanya kedisiplinan dan pengelolaan finansial di seluruh grup Astra. Sebagai contoh, penghematan biaya, kemudian melakukan prioritas daripada belanja modal kami. Fokus yang pertama kami, memastikan adanya pengelolaan yang baik dengan prinsip operational excellence di tiap unit bisnis,” kata dia.

Di sisi lain, pihaknya juga mempercepat transformasi digital dan adaptasi digital untuk memastikan daya saing yang baik dan tetap relevan di masa kini. Perseroan juga terus melakukan ekspansi bisnis baru dalam memperkaya portofolio perusahaan.

“Kami sejak tahun lalu memang sangat giat (ekspansi). Ada beberapa sektor dan sub sektor yang menjadi fokus kami. Tentunya usaha untuk mencari bisnis baru tetap kami lanjutkan. Kami yakin peluang-peluang akan bermunculan dan kami di internal Astra selalu mencari peluang tersebut,” ujar dia.

Di sisi lain, perseroan juga memastikan dalam mencari peluang bisnis baru, perseroan akan mengedepankan prinsip keberlangsungan atau sustainability dalam melakukan eksplorasi baru atau seleksi dari investasi baru.

“Ke depan, dalam mencari peluang portofolio baru kami akan memasukkan prinsip sustainability dalam investasi baru kami. Kami harapkan membuat kami tetap relevan di masa mendatang,” ucapnya. .

Baca juga: Wamen BUMN: Tol Trans Sumatera Beri Efek hingga 1,7 Kali pada Ekonomi Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com