Ini Strategi Astra International Kembangkan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 09/09/2021, 16:29 WIB
Foto Menara Astra Dokumentasi Astra GroupFoto Menara Astra
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Djony Bunarto Tjondro mengungkapkan, kondisi bisnis masih penuh dengan tantangan hingga akhir tahun. Maka dari itu, perseroan menerapkan beberapa strategi untuk memastikan ketahanan perusahaan di tengah situasi tidak pasti saat ini.

“Saya kira ada baiknya kita memulainya dengan fokus Astra jangaka pendek. Dalam jangka pendek Astra memastikan ketahan atau resilience dengan situasi pandemi, tantangan perekonomian, dan ketidakpastian,” ujar Djony dalam public expose live, Kamis (9/9/2021).

Djony mengungkapkan, ada beberapa langkah prioritas yang sudah ditetapkan perusahaan untuk menghadapi kondisi saat ini. Hal pertama adalah dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan karyawan Astra.

Kedua, pihaknya selalu memastikan adanya kedisiplinan dalam pengelolaan finansial pada seluruh lini grup Astra. Saat ini Astra memiliki 7 lini bisnis meliputi otomotif dan jasa keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi, serta properti.

Baca juga: Kementerian BUMN Minta Garuda Indonesia Pelajari Putusan Pengadilan Arbitrase London

“Tentunya kami selalu memastikan adanya kedisiplinan dan pengelolaan finansial di seluruh grup Astra. Sebagai contoh, penghematan biaya, kemudian melakukan prioritas daripada belanja modal kami. Fokus yang pertama kami, memastikan adanya pengelolaan yang baik dengan prinsip operational excellence di tiap unit bisnis,” kata dia.

Di sisi lain, pihaknya juga mempercepat transformasi digital dan adaptasi digital untuk memastikan daya saing yang baik dan tetap relevan di masa kini. Perseroan juga terus melakukan ekspansi bisnis baru dalam memperkaya portofolio perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sejak tahun lalu memang sangat giat (ekspansi). Ada beberapa sektor dan sub sektor yang menjadi fokus kami. Tentunya usaha untuk mencari bisnis baru tetap kami lanjutkan. Kami yakin peluang-peluang akan bermunculan dan kami di internal Astra selalu mencari peluang tersebut,” ujar dia.

Di sisi lain, perseroan juga memastikan dalam mencari peluang bisnis baru, perseroan akan mengedepankan prinsip keberlangsungan atau sustainability dalam melakukan eksplorasi baru atau seleksi dari investasi baru.

“Ke depan, dalam mencari peluang portofolio baru kami akan memasukkan prinsip sustainability dalam investasi baru kami. Kami harapkan membuat kami tetap relevan di masa mendatang,” ucapnya. .

Baca juga: Wamen BUMN: Tol Trans Sumatera Beri Efek hingga 1,7 Kali pada Ekonomi Nasional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.