Pengembangan Produk Jadi Strategi Semen Indonesia Dongkrak Penjualan Domestik

Kompas.com - 09/09/2021, 19:29 WIB
Direktur Utama SIG Hendi Prio Santoso mengatakan, peningkatan laba tersebut di antaranya ditopang oleh peningkatan pendapatan, peningkatan volume penjualan, serta pengelolaan utang yang berkelanjutan. Dok. Semen IndonesiaDirektur Utama SIG Hendi Prio Santoso mengatakan, peningkatan laba tersebut di antaranya ditopang oleh peningkatan pendapatan, peningkatan volume penjualan, serta pengelolaan utang yang berkelanjutan.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG berupaya meningkatkan volume penjualan domestik, seiring dengan pertumbuhan permintaan semen nasional di tengah tantangan kompetisi yang semakin ketat dan kondisi pandemi yang masih terjadi.

Direktur Marketing dan Supply Chain SIG Adi Munandir mengatakan, perseroan terus berupaya mempertahankan pangsa pasarnya yang dominan dan menjaga optimalisasi utilisasi pabrik dalam mencapai efisiensi biaya.

Di tengah pandemi dan tantangan pasar yang semakin kompetitif, SIG berencana menciptakan peluang-peluang melalui inovasi produk dan layanan untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Produsen Semen Ini Incar Dana Rp 1,16 Triliun dari IPO

"Sebagai perusahaan yang kini telah bertransformasi menjadi perusahaan penyedia solusi building material, SIG telah mengembangkan berbagai produk, jasa, dan solusi berkelanjutan bagi masyarakat”, kata Adi, dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Adi menjabarkan, saat ini SIG memiliki lima merek yang beredar di pasar Indonesia yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, Dynamix dan Semen Andalas serta satu brand di Vietnam yaitu Thang Long Cement.

"SIG menawarkan produk semen kantung baik serbaguna, maupun produk semen untuk aplikasi tertentu yang lebih ekonomis, serta berbagai tipe semen curah yang sesuai dengan karakteristik dari tiap jenis proyek sehingga lebih tepat guna dan efisien," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain produk semen, SIG juga menyediakan berbagai produk beton yang telah dikembangkan, seperti Minimix, SpeedCrete, serta ThruCrete.

Baca juga: Proyek Infrastruktur Tertunda, Bagaimana Dampaknya ke Industri Semen?

“SIG juga mengembangkan solusi untuk mendukung program pengembangan rumah murah melalui DynaHome, yang memungkinkan pembangunan rumah 12 kali lebih cepat dibandingkan pembangunan secara konvensional," ujar Adi.

Dari sisi digital, SIG juga telah memiliki tiga platform digital yaitu SobatBangun, AksesToko, serta SIG online store.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG Doddy Sulasmono Diniawan menjelaskan, perseroan mampu mencatat kinerja positif pada semester I-2021. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.