Komoditas Impor Indonesia yang Merupakan Bahan Baku Penolong

Kompas.com - 10/09/2021, 10:27 WIB
Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pupuk, bahan kimia, baja, hingga mesin. KOMPAS.COM/FIRMANSYAHKomoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pupuk, bahan kimia, baja, hingga mesin.

KOMPAS.com - Komoditas adalah barang yang bisa diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan atau dapat dipertukarkan dengan barang lain yang memiliki nilai yang sama.

Ada beberapa jenis komoditas dalam industri dan perdagangan, baik dalam ekspor maupun impor. Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pupuk, bahan kimia, baja, hingga mesin.

Sementara komoditas ekspor Indonesia banyak disumbang dari hasil perkebunan dan tambang. Jenis komoditas ekspor perkebunan Indonesia adalah karet, minyak sawit, kakao, kopi, dan sebagainya.

Lalu komoditas ekspor indonesia dari hasil pertanian adalah beras premium, tepung tapioka, dan sebagainya. Secara umum baik ekspor maupun impor di Indonesia, komoditas dibagi menjadi dua, yakni migas dan nonmigas. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.