Subsidi Gaji 2021 Sudah Disalurkan ke 608.820 Pekerja di Jawa Barat

Kompas.com - 10/09/2021, 20:57 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyaksikan pembukaan rekening kolektif bagi pekerja di PT Perusahaan Industri Ceres yang berhak menerima bantuan subsidi upah/gaji (BSU) namun belum memiliki rekening Bank Himbara sebagai satu syarat, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021). Dokumentasi Humas KemenakerMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyaksikan pembukaan rekening kolektif bagi pekerja di PT Perusahaan Industri Ceres yang berhak menerima bantuan subsidi upah/gaji (BSU) namun belum memiliki rekening Bank Himbara sebagai satu syarat, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji 2021 sudah disalurkan kepada 608.820 pekerja di Jawa Barat. Ia memastikan tak ada kendala dalam penyaluran bantuan tersebut.

Sementara itu secara nasional, subsidi gaji sudah disalurkan kepada 3,25 juta pekerja. Data itu ia sampaikan saat menyaksikan secara langsung pembukaan dan aktivasi rekening secara kolektif bagi penerima subsidi gaji untuk pekerja PT Perusahaan Industri Ceres, Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021).

"Data dari BPJS ketenagakerjaan sudah rapi, divalidasi diserahkan kepada kami untuk cek & ricek sesuai Permenaker," ucapnya seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers.

Baca juga: Menaker Targetkan BLT Subsidi Gaji Cair Seluruhnya Oktober 2021

Menaker mengungkapkan, pemerintah sudah belajar dari penyaluran BSU pada 2020 sehingga penyaluran pada 2021 bisa lebih lancar.

Ida mengatakan subsidi gaji tahap I dan II disalurkan secara langsung kepada pekerja yang sudah memiliki rekening bank-bank BUMN atau Himpunan Bank Negara (Himbara).

Sementara untuk tahap III, IV, dan V, BSU diberikan kepada pekerja dengan cara membukakan rekening secara kolektif karena belum memiliki rekening Himbara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penerima BSU diprioritaskan pekerja yang belum menerima manfaat program Kartu Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain itu pekerja penerima subsidi gaji merupakan pekerja yang telah menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan telah membayar iuran per 31 Juni 2021.

Bantuan subsidi gaji juga diperuntukkan bagi pekerja yang memiliki gaji paling banyak Rp 3,5 juta dan bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 27 dan 28 di tahun 2021.

Adapun nilai bantuan yang disalurkan sebesar Rp 1 juta sekaligus atau Rp 500.000 per bulan kepada 8,7 juta pekerja.

Baca juga: Belum Punya Rekening Bank Himbara untuk Terima Subsidi Gaji? Simak Cara Buka Rekeningnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.