Kompas.com - 11/09/2021, 14:52 WIB
Rekening koran SHUTTERSTOCKRekening koran

KOMPAS.com - Rekening koran adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang merap berurusan dengan perbankan. Apa itu rekening koran?

Rekening koran adalah ringkasan informasi penyeluruh dari suatu rekening, baik rekening pribadi maupun rekening badan usaha di perbankan.

Informasi yang tercetak di rekening koran adalah rincian terkait posisi debit dan kredit rekening di bank, dalam hal ini semua riwayat keluar masuk dana di rekening bank dalam kurun waktu tertentu sesuai permintaan nasabah. 

Meski saat ini sudah tersedia internet banking yang menyediakan informasi mutasi rekening secara lengkap via online (e-statement), pencetakan rekening koran seringkali tetap dibutuhkan nasabah untuk persyaratan berbagai keperluan.

Baca juga: Apa Itu Biaya Provisi pada KPR Bank?

Beberapa bank seringkali mengenakan biaya untuk pencetakan rekening koran atas permintaan nasabah. Biaya akan dikenakan per lembar dan berbeda untuk masing-masing bank, namun berkisar antara 1.000 sampai Rp 3.000 per lembar.

Semakin aktif atau semakin sering frekuensi transaksi di rekening simpanan, maka semakin banyak lembar yang akan dicetak sebagai rekening koran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara cetak rekening koran

Untuk mencetak, nasabah hanya perlu mendatangi kantor cabang bank terdekat lalu mengambil antrean untuk bertemu dengan customer service.

Secara umum, syarat mencetak rekening koran adalah membawa buku tabungan, kartu identitas nasabah, kartu debit, dan biaya pencetakan rekening koran.

Baca juga: Rincian Biaya Admin Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN

Informasi yang tercetak dalam rekening koran antara lain saldo awal dan akhir bulan, arus debit dan kredit, biaya administrasi bulanan bank, serta bunga.

Beberapa fungsi dari rekening koran adalah sebagai berikut:

  • Dokumen syarat pengajuan KPR
  • Dokumen syarat pengajuan pinjaman KTA
  • Syarat pembuatan visa ke luar negeri
  • Dijadikan bukti hukum
  • Mengetahui transaksi secara lengkap
  • Dokumen syarat lelang (untuk badan usaha)
  • Bukti untuk proses audit (untuk badan usaha)

Baca juga: Lengkap Rincian Biaya Admin Mandiri, Bunga, dan Saldo Minimal Tabungan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.