Biaya Perawatan Covid-19 Mahal? Ini Kata Perusahaan Asuransi

Kompas.com - 11/09/2021, 19:10 WIB
Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19 KOMPAS.COM/SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien positif Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya untuk perawatan pasien Covid-19 ternyata terbilang tinggi. Hal itu berdasarkan klaim yang dibayarkan Allianz Life Indonesia untuk nasabah yang terpapar virus corona yakni mencapai Rp 45 juta untuk sekitar 10-14 hari rawat inap di rumah sakit.

“Terlihat dari data klaim Allianz hingga Agustus 2021, bila dilihat rata-rata biaya perawatan berdasarkan lama perawatan sekitar Rp 45,2 juta untuk 10-14 hari,” ujar Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia Sukarno dalam webinar Pahami Pentingnya Perlindungan Bagi Karyawan di Tengah Pandemi, Sabtu (11/9/2021).

Bila rawat inap mulai mencapai lebih dari 15 hari, kata Sukarno, biaya klaim yang dibayarkan bisa mencapai Rp 65,5 juta.

Baca juga: Hingga Juni 2021, Klaim Asuransi Terkait Covid-19 Capai Rp 3,84 Triliun

Ia bilang, tingginya beban biaya perawatan Covid-19 tentu menjadi tantangan yang perlu diantisipasi oleh perusahaan maupun karyawan.

Dia pun mengingatkan, untuk perusahaan memiliki perlindungan asuransi bagi karyawannya, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"Jadi bisa dibayangkan kalau ada perusahaan startup baru berdiri, coverage-nya hanya standar yang diberikan kepada karyawan, belum ada asuransi. Tapi ternyata ada karyawan yang terkena Covid-19 dengan biaya yang besar ini,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum lagi, lanjut Sukarno, seringkali meski ditanggung perusahaan, namun masih ada selisih bayar atau excess yang harus ditanggung oleh karyawan dari biaya perawatan tersebut.

Hal itu tentu akan semakin memberatkan, apabila karyawan tersebut ternyata tidak memiliki asuransi kesehatan individu.

"Itu menjadi tantangan yang harus dijawab di kala pandemi ini," kata dia.

Baca juga: 3 Tips Jitu Memaksimalkan Asuransi untuk Investasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.