Wapres Ingatkan Anak-anak Muda Tak Terjebak Saham "Pompom"

Kompas.com - 12/09/2021, 05:59 WIB
Ilustrasi saham, pergerakan saham. portofolio adalah, apa itu portofolio, arti portofolio. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi saham, pergerakan saham. portofolio adalah, apa itu portofolio, arti portofolio.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan anak-anak muda yang mulai berinvestasi untuk tidak terjebak saham pompom atau aksi “pompa” melalui tokoh berpengaruh (influencer) tidak bertanggungjawab di media sosial.

"Jangan terjebak dengan produk keuangan yang naik karena adanya aksi ‘pompa’ oleh sekelompok orang, atau saat ini marak dengan fenomena menggunakan influencer," kata Wapres, Sabtu (11/9/2021).

Wapres juga mengimbau anak-anak muda untuk memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang berkembang pesat saat ini, sebagai sarana untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga: Saham BUKA Tetap Dikoleksi meski Harganya Turun, Ini Penjelasan Analis

"Dukungan teknologi digital yang memudahkan transaksi keuangan telah memberikan peluang bagi masyarakat untuk menjadi bagian pelaku pasar modal termasuk pasar modal syariah," katanya.

Pompom saham ialah praktik investasi saham yang direkomendasikan oleh influencer di media sosial. Tujuannya ialah untuk mengajak masyarakat membeli atau menjual saham yang seolah-olah menjanjikan keuntungan.

Kebanyakan influencer yang mengiklankan pompom saham tersebut belum memahami cara kerja di pasar modal, sehingga belum tentu rekomendasi tersebut berdasarkan analisa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, Wapres mengingatkan kepada para anak muda untuk meningkatkan literasi mereka terhadap pasar modal, karena investasi tersebut mengandung risiko.

Baca juga: 1 Lot Berapa Lembar Saham? Berikut Penjelasannya

"Investasi di pasar modal mengandung risiko. Oleh karena itu, investor muda dan ritel juga harus meningkatkan pemahaman terhadap risiko-risiko yang ada," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.