Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Pemerintah Tagih Utang ke Anak-anak Soeharto | Daftar Obligor BLBI

Kompas.com - 12/09/2021, 06:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus menagih piutang kepada para debitor, termasuk anak-anak mendiang Presiden Soeharto.

Berita mengenai upaya menagih piutang negara tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Sabtu (11/9/2021). Sementara itu berita lain yang masuk terpopuler adalah daftar obligor BLBI.

Berikut adalah daftar berita terpopuler selengkapnya: 

1. Saat Sri Mulyani Tagih Utang ke 3 Anak Presiden Soeharto Sekaligus

Sebagai bendahara negara, Menteri Keuangan Sri Mulyani ditugasi menagih piutang kepada sejumlah debitur yang dinilai belum melunasi kewajibannya terhadap pemerintah.

Beberapa pihak yang kewajibannya masih dikejar Sri Mulyani adalah Keluarga Cendara. Utang-utang tersebut merupakan sisa warisan dari era Pemerintahan Orde Baru yang hingga kini proses pelunasannya masih terkatung-katung. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Daftar Obligor BLBI yang Dikejar Sri Mulyani, Ada Nama Tutut Soeharto

Penyelesaian utang oleh obligor dan debitur Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) berlarut-larut selama puluhan tahun. Dari data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), selama krisis 1997-1998, BLBI diberikan sebesar Rp 147,7 triliun kepada 48 bank.

Sejauh ini, masih banyak obligor yang masih berhutang ke negara, baik karena memang melunasi kewajibannya, maupun karena aset yang dijaminkan tidak cukup untuk melunasi.

Pemerintah menyatakan memegang komitmennya untuk mengejar para debitur dan obligor, termasuk yang sudah tidak tinggal di alamatnya dulu. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Berapa Biaya Pasang Panel Surya buat Rumah Tipe 36?

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap terus dikenalkan pemerintah maupun pihak swasta kepada masyarakat umum.

Hal ini untuk mendorong tren pemasangan panel surya di atap rumah, sebagai salah satu pemanfaatan energi terbarukan yang berasal dari panas matahari. Pemasangan panel surya bisa dilakukan pada jenis rumah apapun, termasuk tipe rumah 36 yang cukup populer di Indonesia.

Tipe rumah 36 merupakan salah satu jenis rumah yang banyak dibeli masyarakat Indonesia, khsusnya bagi keluarga kecil dengan satu anak, pasangan muda, atau bahkan milenial. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Melihat Utang Tutut Soeharto dalam Kasus BLBI

Penagihan utang dalam kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) memasuki babak baru. Pemerintah mengumumkan daftar obligor atau debitur yang masuk dalam prioritas penagihan.

Salah satu obligor yang masuk daftar prioritas penagihan BLBI adalah Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto. Ia merupakan anggota Keluarga Cendana kedua yang disasar Satgas BLBI setelah Tommy Soeharto.

Utang BLBI atas nama Tutut Soeharto tersebut muncul setelah pemerintah memberikan dana kepada 3 perusahaan miliknya yakni PT Citra Mataram Satriamarga, PT Marga Nurindo Bhakti, dan PT Citra Bhakti Margatama Persada. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. BUMN Virama Karya Buka Banyak Lowongan Kerja, Ini Rinciannya

PT Virama Karya (Persero) membuka banyak lowongan untuk lulusan minimal Sarjana (S1) dari berbagai jurusan. BUMN ini bergerak di bidang konsultasi teknik dan manajemen.

Sektor teknis yang dilayani perusahaan ini antara lain adalah transportasi, perkotaan dan wilayah, pertanian, sumber daya air, dll.

Mengutip dari akun resmi BUMN ini di Instagram, @viramakarya, Sabtu (11/9/2021), posisi yang dibutuhkan adalah Manajer Proyek, Teknisi Proyek, hingga Teknisi Utama. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com