Kompas.com - 13/09/2021, 09:10 WIB
Ilustrasi QRIS (Dok. Bank Indonesia) Ilustrasi QRIS (Dok. Bank Indonesia)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus memperluas kerja sama dengan financial technology atau fintech dalam rangka mengembangkan layanan pembayaran berbasis digital Quick Response Indonesian Standar (QRIS).

Bank pelat merah itu kali ini menggandeng salah satu aplikasi pembukuan UMKM yaitu BukuWarung.

“Kami bersinergi untuk memberikan value added serta solusi digital bagi merchant UMKM BukuWarung dengan meluncurkan solusi pembayaran berbasis QRIS, Virtual Account serta solusi keuangan digital lainnya,” ujar Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati, dalam keterangannya, dikutip Senin (13/9/2021).

Baca juga: Merchant BRI Bisa Terima Pembayaran QRIS lewat Aplikasi BRImo

Wanita yang akrab disapa Susi itu menjelaskan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk strategi perseroan dalam rangka memaksimalkan value chain nasabah korporasi, sekaligus pemanfaatn QRIS.

“Diharapkan kerja sama dengan Buku Warung ini dapat mendorong transaksi digital di Indonesia serta dapat meningkatkan akseptasi QRIS ke 12 juta merchant di seluruh Indonesia,” katanya.

Penggunaan QRIS diharapkan dapat mendorong inklusi keuangan dan membentuk credit profile UMKM untuk selanjutnya diberikan solusi pembiayaan seperti KUR dan produk perbankan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi yang dapat mendukung transaksi UMKM di masa Pandemi Covid-19,” ujar Susi.

CEO dan Co-Founder BukuWarung Abhinay Peddisetty mengatakan, melalui kerja sama ini, para UMKM atau merchant pengguna BukuWarung dapat menggunakan produk-produk perbankan dari BNI, sampai QRIS dan virtual account.

“Dengan demikian, konsumen merchant memiliki fleksibilitas dalam memilih opsi pembayaran ketika bertransaksi,” ucapnya.

Baca juga: Nasabah Bank BUMN Kebobolan hingga Rp 45 Miliar, Ini Respons OJK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.