Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Penggunaan QRIS, BNI Gandeng Fintech Ini

Kompas.com - 13/09/2021, 09:10 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus memperluas kerja sama dengan financial technology atau fintech dalam rangka mengembangkan layanan pembayaran berbasis digital Quick Response Indonesian Standar (QRIS).

Bank pelat merah itu kali ini menggandeng salah satu aplikasi pembukuan UMKM yaitu BukuWarung.

“Kami bersinergi untuk memberikan value added serta solusi digital bagi merchant UMKM BukuWarung dengan meluncurkan solusi pembayaran berbasis QRIS, Virtual Account serta solusi keuangan digital lainnya,” ujar Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati, dalam keterangannya, dikutip Senin (13/9/2021).

Baca juga: Merchant BRI Bisa Terima Pembayaran QRIS lewat Aplikasi BRImo

Wanita yang akrab disapa Susi itu menjelaskan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk strategi perseroan dalam rangka memaksimalkan value chain nasabah korporasi, sekaligus pemanfaatn QRIS.

“Diharapkan kerja sama dengan Buku Warung ini dapat mendorong transaksi digital di Indonesia serta dapat meningkatkan akseptasi QRIS ke 12 juta merchant di seluruh Indonesia,” katanya.

Penggunaan QRIS diharapkan dapat mendorong inklusi keuangan dan membentuk credit profile UMKM untuk selanjutnya diberikan solusi pembiayaan seperti KUR dan produk perbankan lainnya.

“Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi yang dapat mendukung transaksi UMKM di masa Pandemi Covid-19,” ujar Susi.

CEO dan Co-Founder BukuWarung Abhinay Peddisetty mengatakan, melalui kerja sama ini, para UMKM atau merchant pengguna BukuWarung dapat menggunakan produk-produk perbankan dari BNI, sampai QRIS dan virtual account.

“Dengan demikian, konsumen merchant memiliki fleksibilitas dalam memilih opsi pembayaran ketika bertransaksi,” ucapnya.

Baca juga: Nasabah Bank BUMN Kebobolan hingga Rp 45 Miliar, Ini Respons OJK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com