Kompas.com - 13/09/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital. ShutterstockIlustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi pengusaha adalah cita-cita banyak orang. Namun salah satu masalah yang sering dijumpai adalah tidak memiliki modal yang besar.

Founder & COO of PALA Nusantara Ilham Pinastiko mengatakan, sebenarnya kunci dari membuka usaha dengan modal kecil adalah kemauan dan bisa memanfaatkan platform digital.

Apalagi kata dia, saat ini ada perilaku masyarakat yang berubah dalam berbelanja.

"Sekarang beli lampu misalnya, masyarakat berpikir pasti daripada harus ke toko atau ke mal mending lewat e-commerce saja. Barang dipesan sampai langsung ke rumah tanpa harus ke luar," ujar Ilham dalam Ngulik Bisnis Bareng Blibli yang disiarkan secara virtual oleh Harian Kompas, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Informal

Ilham mengatakan, menjadi dropshipper juga menjadi pilihan yang tepat jika memang ingin menjadi pengusaha tapi memiliki modal yang terbatas.

Sebab, menurut Ilham, menjadi dropshipper tidak perlu memiliki merek yang besar, tidak perlu waktu yang banyak untuk mengurus pengemasan dan tidak perlu menjadi marketing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ya sudah tinggal gabung di marketplace saja, jadi dropshipper itu gampang. Enggak perlu modal yang besar juga, hanya perlu kuota saja, jual sana-sini, dah dapat itu omzet," jelas Ilham.

Walau demikian Ilham mengingatkan, memulai bisnis atau usaha harus berlandaskan keyakinan dalam diri, bukan hanya sekadar coba-coba.

"Karena kalau dari hati kita mulainya, itu enak banget. Enggak ada rasa beban buat menjalaninya," kata Ilham.

Baca juga: Jejak Sejarah Ikan Asin di Indonesia, Komoditas di Pasar Mataram Kuno



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.