Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3,000 UMKM Binaan BUMN Telah Dapat Sertifikat TKDN

Kompas.com - 13/09/2021, 21:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surveyor Indonesia (Persero) terus melakukan pembinaan kepada Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas.

Upaya itu dilakukan dengan cara menggelar kegiatan seperti peningkatan kemampuan mengakses teknologi digital para UMKM dan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

"Dari sekian banyak UMK saat ini, mereka bisa masuk ke Pasar Digital (PaDi) di kementerian dan berbagai BUMN dengan syarat menjadi UMK binaan BUMN dan yang sudah memiliki Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Erick Thohir: Jika BUMN Bisa Profit, UMKM Jangan Pailit

Rosmanidar menjelaskan, sepanjang tahun ini tercatat ada 3.000 UMKM binaan BUMN yang telah mendapatkan sertifikat TKDN. Rata-rata setelah mendapatkan hal tersebut omzet mereka terus meningkat.

"Beberapa UMK di bawah binaan BUMN yang sudah melalukan sertifikasi UMK mendapatkan manfaat seperti mengalami kenaikan omzet hingga 200 persen setelah mengikuti program sertifikasi TKDN dan mengikuti proses pengadaan pemerintah,” ungkap dia.

Dia pun berharap dengan adanya program-program tersebut bisa membuat UMKM Indonesia semakin berkembang dan bisa naik kelas.

"Kami berharap UMK tidak hanya hidup, namun juga berkembang dan dapat berdiri sendiri hingga pasar nasional,” ucap dia.

Baca juga: Holding BUMN Jasa Survei Dorong UMKM Nasional Tingkatkan Daya Saing

Rosmanidar menambahkan, Kementerian BUMN telah bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk melaunching peningkatan mutu sistem pengadaan BUMN.

Dalam acara tersebut kedua kementerian juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) meliputi perluasan pasar produk UMK Binaan BUMN yang mencakup koordinasi sinergi tugas dan fungsi untuk Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di BUMN dan Sertifikasi TKDN untuk Produk Industri Kecil binaan BUMN.

"Industri yang telah memiliki sertifikat TKDN akan terdaftar di Marketing Tools P3DN Kementerian Perindustrian yang sekaligus jadi alat pemasaran yang efektif," kata dia.

Baca juga: Gandeng Surveyor Indonesia, Telkom Serius Dukung Program P3DN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com