Airlangga: Semua Provinsi di Luar Jawa Bali Sudah Turun dari PPKM Level 4

Kompas.com - 14/09/2021, 07:05 WIB
Petugas kepolisian melakukan penyekatan pada ruas jalan menuju jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru saat pemberlakuan PPKM level 4 beberapa waktu lalu. CITRA INDRIANIPetugas kepolisian melakukan penyekatan pada ruas jalan menuju jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru saat pemberlakuan PPKM level 4 beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, seluruh provinsi di wilayah luar Jawa-Bali sudah turun dari asesmen level 4. Beberapa provinsi turun menjadi asesmen level 3, level 2, dan level 1.

"Kalau kita lihat secara provinsi terjadi penurunan dari Level 4. Dari 2 provinsi menjadi tidak ada yang di level 4. Kemudian level 3 dari 22 provinsi menjadi 16 provinsi, dan level 2 dari 3 menjadi 11 Provinsi," kata Airlangga dalam konferensi pers perpanjangan PPKM, Senin (13/9/2021).

Namun demikian, sebanyak 23 kabupaten/kota tetap diterapkan PPKM level 4 dengan adanya perpanjangan PPKM Level 4 sejak tanggal 7 September hingga tanggal 20 September mendatang.

Baca juga: Asosiasi Berharap Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal Pekan Ini

Begitu juga dengan 16 kabupaten/kota lainnya yang mengalami perbaikan asesmen dari level 4 ke level 3, dan 1 kabupaten/kota yang turun dari level 4 menjadi level 1.

Airlangga bilang, penerapan asesmen level 4 ini dilakukan hingga level vaksinasi Covid-19 di wilayah tersebut minimal mencapai 20 persen.

"Tetap kami terapkan PPKM level 4 karena ini penting agar berbagai persiapan baik dari pemerintah maupun masyarakat harus terus waspada. Karena ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar penurunan level dan tingkat kasus masih bisa dijaga," beber Airlangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara keseluruhan, kasus aktif di luar Jawa Bali berkontribusi sebesar 59,46 persen terhadap kasus nasional per 12 September 2021.

Kontribusi ini menurun seiring dengan penurunan kasus Covid-19 di wilayah tersebut. Rinciannya, penurunan kasus aktif di wilayah Sumatera tanggal 9 Agustus - 12 September 2021 menurun 68,30 persen, Nusa Tenggara -81,66 persen, Maluku Papua -38,7 persen, serta Sulawesi -73,9 persen.

Adapun tingkat kesembuhan wilayah Sumatera mencapai 91,66 persen, Nusa Tenggara 95,03 persen, Maluku dan Papua 84,29 persen, serta Sulawesi 93,54 persen.

"Namun momentum penurunan kasus yang sudah kurang dari 100.000 kasus agar terus dijaga dan masyarakat diminta terus waspada, jangan euforia karena angka kasus turun. Karena sekali lagi kami sampaikan pandemi Covid-19 sifatnya dinamis," pungkas Airlangga.

Baca juga: Pemerintah Akhirnya Izinkan Bioskop Dibuka Kembali di Wilayah PPKM Level 3 dan 2

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.