KILAS

Berikan Penghargaan Bidang Pertanian, Mentan SYL Apresiasi Wapres dan Pemimpin Daerah

Kompas.com - 14/09/2021, 09:25 WIB
Acara penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 yang digelar Kementerian Pertanian (Kementan) dan diserahkan langsung Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma?ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Senin (13/9/2021). DOK. Humas KementanAcara penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 yang digelar Kementerian Pertanian (Kementan) dan diserahkan langsung Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma?ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Senin (13/9/2021).

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berterima kasih kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yang telah memperhatikan jalannya pembangunan sektor pertanian Indonesia.

Dia juga mengapresiasi para pemimpin daerah, yakni gubernur dan bupati yang selama ini bekerja keras meningkatkan produksi dan ekspor pertanian, khususnya padi.

"Kami menyampaikan rasa hormat kepada Bapak Wapres, di mana di hadapan kita saat ini adalah para pahlawan Indonesia. Mereka adalah para gubernur dan bupati yang setiap hari bekerja menyediakan pangan nasional," katanya.

Dia mengatakan itu dalam penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 yang digelar Kementerian Pertanian (Kementan) dan diserahkan langsung Wapres dan Mentan di Istana Wapres, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Syahrul mengatakan, pihaknya terus berupaya menciptakan kebijakan dan kerja sama intens dengan pemerintah daerah (pemda) dan stakeholder lainya agar pertanian Indonesia tetap berproduksi menyediakan pangan nasional.

Baca juga: Ekspor Pertanian Meningkat Rp 8,3 Triliun, Jateng Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani

"Kebijakan-kebijakan ini kami buat agar Indonesia tidak terjerumus dalam krisis pandemi yang panjang,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, dia menegaskan, pihaknya terus melakukan pendekatan teknologi untuk mengefisiensi produksi. Apalagi, pertanian adalah lapangan kerja dan yang paling dasar dari kehidupan.

Pada kesempatan tersebut, Ma’ruf turut mengingatkan tiga hal penting yang menjadi tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia, yaitu memenuhi pangan rakyat secara total, meningkatkan kesejahteraan petani, dan melakukan peningkatan ekspor secara berkelanjutan.

5 Provinsi dan Kabupaten dapat Penghargaan Bidang Pertanian

Adapun, lima kabupaten yang mendapatkan penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 sebagai wilayah dengan peningkatan produksi padi tertinggi, yakni Cilacap, Brebes, Ngawi, Oku Timur, dan Gresik.

Kemudian, untuk provinsi yang mendapatkan penghargaan, di antaranya Lampung, Jawa Timur (Jatim), Banten, Sumatera Selatan (Sumsel), dan Jambi.

Baca juga: Penuhi Stok Pangan Nasional, Kementan Ciptakan Beragam Kebijakan dan Kerja Sama

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.