Disomasi karena Fasilitasi Penjualan Daging Anjing, Ini Respons Traveloka Eats

Kompas.com - 14/09/2021, 14:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Traveloka melalui Traveloka Eats buka suara atas somasi yang dilakukan oleh Animal Defenders Indonesia (ADI) lantaran memfasilitasi restoran yang menjual hidangan daging anjing.

Sebelumnya, tak hanya Traveloka Eats yang disomasi, tetapi beberapa platform pemesanan makanan lainnya seperti ShopeeFood, GrabFood, dan GoFood juga ikut disomasi.

Head of Corporate Communication Traveloka Reza Amirul Juniarshah mengatakan, pihaknya telah melakukan investigasi dan secara cepat mengambil tindakan tegas setelah menerima informasi tersebut.

Baca juga: Disomasi Karena Memfasilitasi Restoran Jual Daging Anjing, Ini Kata Shopee

Untuk itu, Traveloka Eats telah menghapus seluruh menu makanan atau hidangan daging anjing yang ada di dalam platform Traveloka Eats.

"Kami telah menghapus seluruh menu makanan tersebut pada platform kami dalam kurun waktu 1x24 jam sejak informasi tersebut kami terima. Kami juga telah berkomunikasi secara intensif dengan mitra-mitra terkait mengenai situasi ini," kata Reza dalam pernyataannya kepada Kompas.com, Selasa (14/9/2021).

Menurut Reza, penjualan makanan daging anjing tersebut tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan yang ditetapkan oleh Traveloka.

Untuk itu, sejalan dengan komitmen perusahaannya untuk sepenuhnya mematuhi kebijakan pemerintah, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap semua mitra Traveloka Eats.

"Akan kami pantau, semua transaksi penjualan makanan atau minuman yang berasal dari hewan peliharaan, hewan langka, hewan berbahaya, maupun hewan liar yang diatur oleh peraturan perundang-undangan," ungkap Reza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.