Menkop Teten: Persaingan Usaha yang Sehat Bisa Dorong UMKM Naik Kelas

Kompas.com - 14/09/2021, 16:20 WIB
Menteri Koperasi dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki dalam acara pelepasan ekspor CV Mandiri Persada di Neglasari, Jamanis, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (11/9/2021). DOK. Humas Kemenkop dan UKMMenteri Koperasi dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki dalam acara pelepasan ekspor CV Mandiri Persada di Neglasari, Jamanis, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (11/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, tumbuhnya iklim usaha yang kondusif menjadi faktor penting dalam mengakselerasi UMKM naik kelas.

Namun, Teten menegaskan, hal itu bisa terwujud jika terjalin kemitraan yang baik.

"Baik itu untuk akselerasi UMKM naik kelas, bisa terwujud jika adanya kemitraan yang terjalin dengan baik antar usaha kecil. Selain itu didorong juga dengan adanya persaingan usaha yang sehat," ujar Teten dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh KPPU secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Diakui Teten, UMKM yang terjalin dalam kemitraan termasuk berjejaring ke dalam rantai nilai global, masih menjadi kendala dalam pengembangan UMKM.

Baca juga: Menteri Teten: PON Papua Jadi Momentum Tonjolkan UMKM Lokal Unggulan

Teten menyebutkan, berdasarkan data dari BPS, ada 93 persen Usaha Kecil Menengah (UKM) yang belum sama sekali terhubung dengan kemitraan dan produknya juga masih rendah untuk masuk ke mata rantai nilai global.

Oleh sebab itu, hadirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja menjadi penting untuk masa depan ekonomi Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Urgensinya, Undang-Undang Ciptaker ini mendorong perciptaan lapangan kerja sekaligus membuka usaha baru. Selain itu dengan adanya kemitraan, para usaha kecil dan besar bisa memastikan pembangunan yang berkelanjutan," ungkap Teten.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.