Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop Teten: Persaingan Usaha yang Sehat Bisa Dorong UMKM Naik Kelas

Kompas.com - 14/09/2021, 16:20 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, tumbuhnya iklim usaha yang kondusif menjadi faktor penting dalam mengakselerasi UMKM naik kelas.

Namun, Teten menegaskan, hal itu bisa terwujud jika terjalin kemitraan yang baik.

"Baik itu untuk akselerasi UMKM naik kelas, bisa terwujud jika adanya kemitraan yang terjalin dengan baik antar usaha kecil. Selain itu didorong juga dengan adanya persaingan usaha yang sehat," ujar Teten dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh KPPU secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Diakui Teten, UMKM yang terjalin dalam kemitraan termasuk berjejaring ke dalam rantai nilai global, masih menjadi kendala dalam pengembangan UMKM.

Baca juga: Menteri Teten: PON Papua Jadi Momentum Tonjolkan UMKM Lokal Unggulan

Teten menyebutkan, berdasarkan data dari BPS, ada 93 persen Usaha Kecil Menengah (UKM) yang belum sama sekali terhubung dengan kemitraan dan produknya juga masih rendah untuk masuk ke mata rantai nilai global.

Oleh sebab itu, hadirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja menjadi penting untuk masa depan ekonomi Indonesia.

"Urgensinya, Undang-Undang Ciptaker ini mendorong perciptaan lapangan kerja sekaligus membuka usaha baru. Selain itu dengan adanya kemitraan, para usaha kecil dan besar bisa memastikan pembangunan yang berkelanjutan," ungkap Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com