Tak Harus Kaya, Ini Tanda Kamu Sudah Siap Finansial untuk Menikah

Kompas.com - 15/09/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPAS.com - Sebelum memasuki jenjang pernikahan, ada baiknya kamu dan pasangan mengukur kesiapan finansial kalian. Ini penting dilakukan karena menyangkut masa depan dan stabilitas keuangan dalam biduk rumah tangga.

Siap finansial bukan berarti kamu harus kaya dan mapan dulu baru menikah. Mapan pun setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Ada yang mengatakan mapan setelah memiliki rumah sendiri, mobil sendiri, tabungan yang cukup, dll, sehingga itu menjadi ukuran standar untuk memutuskan nikah atau tidak.

Baca juga: Sesuaikan dengan Bujet, Ini 5 Pilihan Tempat Tinggal Setelah Menikah

 

Ada juga yang mengartikan mapan sebagai sikap bertanggung jawab, optimistis, dan memiliki rencana yang baik membangun kehidupan berkeluarga.

Kemapanan itu relatif. Setiap orang memiliki target kemapanan yang berbeda. Namun, satu yang pasti, untuk mencapai target tersebut, kamu harus bekerja dan memiliki sumber pendapatan pasti yang bisa menopang kehidupanmu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Siapnikah.org, website yang dijalankan oleh BKKBN, Rabu (15/9/2021), untuk melihat kesiapan finansialmu, ada beberapa indikasi yang bisa kamu jadikan pertimbangan:

1. Kamu Bisa Berbagi Biaya Hidup dengan Pasangan

Kamun dan pasangan perlu membicarakan soal berbagi biaya ke depannya. Pasalnya tidak semua orang nyaman ketika harus berbagi biaya dengan orang lain.

Jika kamu termasuk golongan yang tidak nyaman ketika ada orang lain membayar setengah dari tagihan yang ada, kamu perlu mendiskusikan ini sebelum bicara soal pernikahan. Hal ini agar kamu siap karena situasi berbagi biaya ini menjadi penting akan muncul dalam pernikahan.

2. Mampu Mengelola dan berkomitmen pada rencana keuangan sendiri

Kamu harus bisa menangani masalah keuanganmu sendiri sebelum bekerja sama dengan pasanganmu kelak. Kamu harus disiplin terhadap anggaran yang sudah disusun sesuai pos keuangan yang ada. Misalnya untuk pengeluaran tetap, investasi, tabungan, dan lainnya.

Pasalnya, memiliki pasangan berarti harus bisa saling meringankan beban dan kesulitan masing-masing. Kamu juga dapat mengajak pasanganmu untuk mulai mengatur rencana keuangannya sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.