UOB: Lewat Digitalisasi, UMKM Bisa Perkecil Penurunan Omzet dan Perluas Pasar

Kompas.com - 15/09/2021, 13:33 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mengadopsi digitalisasi di masa pandemi Covid-19. Adopsi teknologi digital sudah menjadi keharusan karena mampu membuat usaha UMKM bertahan.

Business Banking Sales Head UOB Indonesia, Hendrik Komandangi mengatakan, digitalisasi akan menjawab tantangan dan keluhan UMKM di masa pandemi, mulai dari sulitnya menjaga arus kas hingga minimnya omzet.

Dia menemukan, UMKM yang mengadopsi digital bisa meminimalisir tantangan tersebut.

Baca juga: Cara Meningkatkan Omzet UMKM Selama Pandemi Covid-19

"Kami menemukan bahwa banyak para pelaku UMKM itu memilih untuk bisa melakukan transformasi adopsi teknologi digital menjawab tantangan tersebut," kata Hendrik dalam diskusi UOB Economic Outlook 2022, Rabu (15/9/2021).

Hendrik menuturkan, UMKM harus mulai mengotomatisasi proses bisnisnya. Dengan melakukan transformasi tersebut, UMKM bisa punya waktu lebih untuk merencanakan keuangannya.

Jika tak mengadopsi digital, UMKM mesti bertahan (survive) membayar kewajiban operasional. Sementara, pembayaran biaya operasional yang terhambat membuat pembayaran kepada supplier juga terganggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tadinya karena semua manual, sibuk mengurusi sendiri even semua staf disuruh. Dengan digitalisasi mereka punya waktu lebih untuk bisa melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik. Ke depan, mereka bisa lebih maju," ucap Hendrik.

Berdasarkan kajian yang dilakukan UOB, 48 persen UMKM mengaku kesulitan untuk menjamin atau menjaga kebutuhan arus kas di masa krisis.

Baca juga: 15,3 Juta UMKM Sudah Gabung Ekosistem Digital

Terbatasnya mobilitas karena PPKM tentu saja membuat UMKM kehilangan pemasukan dan menurunkan penjualan. Akibat hal tersebut, UMKM mengaku kesulitan menjalankan kelangsungan usaha.

"Tapi ada peluang di balik tantangan tersebut. Dari transformasi, mereka bisa mengubah tantangan tersebut menjadi peluang," pungkas Hendrik.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.