Kompas.com - 15/09/2021, 15:09 WIB
Ilustrasi E-commerce Enterpreneur AcademyIlustrasi E-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi VI DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan beberapa perusahaan e-commerce besar mulai Tokopedia, Shopee, Bukalapak hingga perusahaan ride hailing yaitu Gojek.

Dalam rapat tersebut pemain e-commerce membahas mengenai peningkatan perdagangan dalam negeri pada sektor e-commerce hingga membahas program-program yang dilakukan untuk mendorong para UMKM naik kelas dan Go Digital.

Executive Director Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan, hingga saat ini tercatat lebih dari 5 juta UMKM yang aktif yang bergabung ke platfrom Shopee.

Baca juga: E-commerce Indonesia dengan Konsumen Paling Loyal, Siapa Juaranya?

Dari 5 juta UMKM tersebut, bisa menjangkau 500 kota dan kabupaten Indonesia untuk menjual produk usahanya.

"Sebenarnya ada banyak tapi kalau jumlah UMKM yang sepanjang tahun ini sudah melebihi 5 juta yang aktif. Ini yang benar-benar aktif," ujar Christin dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Menurut Christin pihaknya sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan para UMKM di Tanah Air khususnya UMKM yang menjadi seller di Shopee.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pihaknya memiliki berbagai program untuk mendorong seller UMKM naik kelas melalui program Ekspor Shopee. Lewat program ini, Shopee telah mendirikan kampus UMKM Shopee yang tujuannya untuk mewadahi para UMKM yang ingin belajar menaikan skala bisnisnya hingga masuk ke pasar ekspor.

"Di sana kita memberikan fasilitas untuk UMKM seperti bagaimana cara foto karena da studio foto, cara berjualan melalui live streaming dan banyak materi lainnya," ungkap Christin.

Hal serupa juga dilakukan oleh Tokopedia. CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, pihaknya memiliki beragam program untuk mendorong UMKM naik kelas.

Di antaranya adalah lewat akselerasi digital, Hyperlocal, yang dilakukan untuk membantu para pedagang di pasar tradisonal berbagai daerah menggunakan teknologi sebagai adaptasi di tengah pandemi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.