Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Tutup Puluhan Ribu Toko yang Terbukti Jual Vitamin Palsu

Kompas.com - 15/09/2021, 16:21 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, di masa pandemi ini ada banyak oknum yang menjual vitamin palsu hingga menjual alat kesehatan di atas harga normal yang hadir di platform Tokopedia.

Wiliam menegaskan, hingga saat ini, ada puluhan ribu toko yang ditutup lantaran terbukti menjual vitamin ataupun menjual alkes di atas harga normal.

"Kami menutup puluhan ribu toko, tapi setiap hari ada penjahat baru tapi persentasenya sangat kecil,"ujar William dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Tokopedia dkk Dipanggil ke DPR, Bahas Apa?

Diakui William, kasus ini cepat viral lantaran adanya perkembangan media sosial yang begitu cepat. Hal ini pun langsung dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk bekerja sama dengan kepolisian untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

"Karena bisnis kami bisnis reputasi, saat viral kami sebenarnya sedang bekerjasama dengan kepolisian untuk mencari sindikat atau oknum di belakang itu," ungkap William.

Wiliam juga menegaskan, perlindungan konsumen menjadi filosofi Tokopedia dalam mengembangkan bisnis.

Di samping itu William juga menjelaskan, Tokopedia memiliki layanan yang bisa mengajukan komplain. Apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan barang dijual, konsumen bisa memberikan nilai yang buruk kepada seller melalui rating.

Baca juga: 5 Produk Ini Paling Laris di Tokopedia Selama PPKM Darurat

"Di sini pembeli memberi rating. Di komunitas kami sebut, biarlah rating bicara, marketplace yang menjadi juri untuk melihat bukti dari pembeli dan penjual dan memutuskan siapa yang benar dan yang salah," jelas William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com