Tokopedia Tutup Puluhan Ribu Toko yang Terbukti Jual Vitamin Palsu

Kompas.com - 15/09/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, di masa pandemi ini ada banyak oknum yang menjual vitamin palsu hingga menjual alat kesehatan di atas harga normal yang hadir di platform Tokopedia.

Wiliam menegaskan, hingga saat ini, ada puluhan ribu toko yang ditutup lantaran terbukti menjual vitamin ataupun menjual alkes di atas harga normal.

"Kami menutup puluhan ribu toko, tapi setiap hari ada penjahat baru tapi persentasenya sangat kecil,"ujar William dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Tokopedia dkk Dipanggil ke DPR, Bahas Apa?

Diakui William, kasus ini cepat viral lantaran adanya perkembangan media sosial yang begitu cepat. Hal ini pun langsung dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk bekerja sama dengan kepolisian untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

"Karena bisnis kami bisnis reputasi, saat viral kami sebenarnya sedang bekerjasama dengan kepolisian untuk mencari sindikat atau oknum di belakang itu," ungkap William.

Wiliam juga menegaskan, perlindungan konsumen menjadi filosofi Tokopedia dalam mengembangkan bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu William juga menjelaskan, Tokopedia memiliki layanan yang bisa mengajukan komplain. Apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan barang dijual, konsumen bisa memberikan nilai yang buruk kepada seller melalui rating.

Baca juga: 5 Produk Ini Paling Laris di Tokopedia Selama PPKM Darurat

"Di sini pembeli memberi rating. Di komunitas kami sebut, biarlah rating bicara, marketplace yang menjadi juri untuk melihat bukti dari pembeli dan penjual dan memutuskan siapa yang benar dan yang salah," jelas William.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.