Cegah Peredaran Narkotika, Kemenhub Gabung Tim Operasi Laut Terpadu

Kompas.com - 15/09/2021, 17:32 WIB
Pembukaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021. dok. KemenhubPembukaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021.


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung pelaksanaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021.

Dukungan tersebut diwujudkan dengan menerjunkan personel dari Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk bergabung dengan tim Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021.

Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 ini digelar dalam rangka sinergitas dan kolaborasi pemberantasan peredaran gelap narkotika.

Baca juga: Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak, Ini Penjelasan Kemenhub

Upacara pembukaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 dipimpin langsung oleh Kepala Badan Narkotika Nasional RI Petrus Reinhard Golose di Dermaga Bintang 99 Batu Ampar Batam, Rabu (15/9/2021).

Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 14-24 September 2021, dengan tujuan untuk memberikan efek preventif dan represif.

Preventif dalam arti mencegah masuknya narkotika atau peredaran narkotika ke dalam wilayah NKRI, dan represif dalam arti pelaksanaan operasi juga menargetkan untuk menangkap pelaku penyelundupan atau pengedar narkotika yang ditemukan saat pelaksanaan operasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun operasi laut terpadu kali ini akan fokus pada wilayah laut dan perairan yang rawan disalahgunakan sebagai jalur peredaran narkotika di Indonesia yaitu daerah Selat Malaka yang meliputi Aceh, Sumut, Riau dan Kepulauan Riau, Selat Makassar dengan lebih baik dan efektif.

Baca juga: Helikopter Kecelakaan di Bandara Budiarto Curug, Kemenhub: Sedang Pelatihan Rutin

Direktur KPLP Kemenhub Ahmad yang ikut hadir dalam upacara pembukaan tersebut menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021.

Dia menyebut, KPLP siap mengerahkan semua armada kapal patroli KPLP pada 5 Pangkalan PLP di seluruh wilayah Indonesia.

Pangkalan PLP tersebut adalah Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak, Pangkalan PLP Kelas II Bitung dan Pangkalan PLP Kelas II Tual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.