Bermodal Ekosistem Besar Astra Group, AstraPay Yakin Tak Bakar Uang secara Masif

Kompas.com - 15/09/2021, 17:37 WIB
Doc. AstraPay Kiki SafitriDoc. AstraPay

JAKARTA, KOMPAS.com – Raksasa otomotif Astra Group melalui PT Astra Digital Arta merambah bisnis financial technology melalui platform pembayaran AstraPay.

Muculnya AstraPay sekaligus meramaikan platform dompet digital yang saat ini sudah ada seperti OVO, GoPay, DANA, LinkAja, dan sebagainya.

Margono Tanuwijaya President Commissionaire AstraPay mengungkapkan, pihaknya optimis mampu bersaing dengan banyaknya pemain di industry keuangan digital saat ini. Salah satu yang membuat Margono yakin adalah ekosistem Astra Group yang memiliki jumlah customer yang sangat besar.

Baca juga: Astra Luncurkan Platform Pembayaran AstraPay, Ini Fitur Unggulannya

“Seperti diketahui, ekosistem Astra memiliki jumlah data customer atau pelanggan yang sangat besar. Kurang lebih ada 50 juta pelanggan, nah ini bisa menjadi kekuatan AstraPay di dalam melakukan penerapan penetrasi pasar,” kata Margono secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Margono juga mengatakan berdasarkan survey yang dilakukan, pihaknya menemukan potensi dalam pemakaian atau penggunaan e-money di Indonesia sangat besar sekali.

Di sisi lain, ia juga menemukan, meskipun seseorang sudah memiliki 1 atau 2 aplikasi fintech, mereka masih tetap akan menambah aplikasi fintech lainnya ke dalam smartphone-nya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat ini kita tau sudah ada 5 pemain utama di dalam industry ini. Tapi dalam potensinya sangat besar sehignga masih tetap menjdi daya tarik sendiri bagi kami, dan meskipun mereka sudah punya e-money yang lain, mereka masih mau menjadi customer AstraPay,” tambah dia.

Dia juga mengatakan, dengan menggunakan platform dompet digital, masyarakat saat ini tidak hanya sekedar butuh cashback atau promo, tapi lebih kepada kemudahan dalam penggunaan, dan keamanan data.

“Kebutuhan customer tentang e-money ini bukan sekedar masalah cashback dan promo itu bukan yang utama, tapi lebih kepada kemudahan dalam pemakaian, dan kamanan data. AstraPay ini mempunyai jumlah customer dan jaringan yang sangat banyak itulah modal kita, tanpa perlu bakar uang secara massif,” tegas dia.

Baca juga: Ini Strategi Astra International Kembangkan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Meski demikian, ia juga memastikan aplikasi AstraPay juga akan memberikan cashback dan promo seabgai bentuk apresiasi kepada konsumen. Hal senada disampaikan Meliza Musa Rusli, CEO AstraPay, dimana AstraPay memberikan engagement kepada konsumennya melalui system pemberian poin.

Poin-poin tersebut akan diakumulasi, dan nantinya dapat ditukarkan dalam transaksi menggunakan AstraPay, maupun untuk pembelian di merchant lainnya yang bekerja sama dengan AstraPay.

“AstraPay juga memiliki AstraPoin yang meurpakan bentuk kerja sama dengan Astra Digital. Ini dikembangkan untuk mendukung bisnis dari otomotif, finansial services dan memberikan loyalty kepada customer Astra,” jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.