Sistem Persinyalan Kereta Tanpa Masinis LRT Jabodebek Ditargetkan Selesai Akhir 2021

Kompas.com - 15/09/2021, 17:56 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Stasiun Light Rail Transit (LRT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (9/6/2021). Dalam kunjungan itu, Presiden menjelaskan perkembangan pembangunan LRT yang sudah mencapai 84,7 persen. SETPRES/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo meninjau Stasiun Light Rail Transit (LRT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (9/6/2021). Dalam kunjungan itu, Presiden menjelaskan perkembangan pembangunan LRT yang sudah mencapai 84,7 persen.

BANDUNG, KOMPAS.com - LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi secara driverless atau otomatis tanpa masinis di semua jalur utama pada Agustus 2022.

"Kemudian LRT baru dapat beroperasi seluruhnya secara driverless pada Desember 2022," ujar Direktur Strategi Bisnis & Portofolio Len Industri, Linus Andor Mulana Sijabat dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Linus menjelaskan, pembangunan LRT Jabodebek melibatkan empat BUMN yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Len Industri (Persero), PT INKA (Persero), dan PT KAI (Persero).

Baca juga: Ini Daftar 18 Stasiun LRT Jabodebek yang Segera Beroperasi Tahun 2022

Len sendiri saat ini sedang memasang perangkat sistem persinyalan di Depo LRT Jabodebek yang ada di Jatimulya, Bekasi.

Perangkat sinyal di semua jalur utama (lintas 1 Cibubur-Cawang, lintas 2 Cawang-Dukuh Atas, lintas 3 Cawang-Jatimulya) saat ini telah selesai. Begitu pula perangkat sinyal di 31 kereta produksi PT INKA sudah selesai dipasang.

“Waktu pengerjaan Depo Signalling yang tersedia sangat singkat, hanya 3 bulanan saja," ucap Linus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pekerjaan ini dilakukan sejak Agustus dan ditargetkan selesai akhir November 2021. Sehingga diharapkan semua terpasang akhir 2021.

"Sistem persinyalan yang dilakukan Len merupakan progres yang kritikal agar LRT dapat beroperasi sesuai target," tutur dia.

Depo Signalling adalah sistem persinyalan yang berada di Depo LRT Jabodebek sebagai tempat perawatan dan perbaikan lokomotif dan gerbong kereta.

Selain itu, Len Industri sedang melakukan proses testing and commissioning sistem persinyalan di ketiga jalur utama LRT Jabodebek secara bertahap hingga Juni 2022 nanti.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.