Tak Lagi Gratis, Ini Tarif KA Bandara YIA Mulai 17 September 2021

Kompas.com - 16/09/2021, 16:11 WIB
Penumpang masuk gerbong KA Bandara Senin (30/8/2021) KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWOPenumpang masuk gerbong KA Bandara Senin (30/8/2021)


JAKARTA, KOMPAS.com – Tarif Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) tak lagi gratis mulai 17 September 2021.

Pasalnya, KA Bandara YIA akan beroperasi secara komersial melayani masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang akan menuju Bandara Internasional Yogyakarta dan sebaliknya.

Kepastian mengenai pemberlakuan tarif KA Bandara YIA ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri.

Baca juga: KA Bandara YIA Beroperasi Gratis 1-16 September, Cek Jadwalnya

“KA Bandara YIA akan beroperasi komersial mulai tanggal 17 September 2021, dengan tarif resmi yang telah ditetapkan Pemerintah," kata Zulfikri dalam keterangan resmi, Kamis (16/9/2021).

Harga tiket KA Bandara YIA 2021

Sebelumnya, KA Bandara YIA beroperasi tanpa tarif alias gratis bagi masyarakat umum sejak 1 September 2021 lalu.

Dengan adanya penerapan tarif, berikut harga tiket KA Bandara YIA yang diberlakukan mulai besok:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Rp 20.000 untuk rute Yogyakarta – Bandara YIA
  • Rp 10.000 untuk rute Yogyakarta – Wates
  • Rp 20.000 untuk rute Wates – Bandara YIA

Baca juga: Fakta Seputar KA Bandara YIA: Harga Tiket, Rute, dan Jadwal Operasi

Tarif tersebut sudah memperhitungkan subsidi yang diberikan pemerintah. KA Bandara YIA ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah, khususnya di sektor bisnis dan pariwisata.

Untuk itu Kementerian Perhubungan memberikan subsidi melalui Public Service Obligation atau PSO bagi para penumpang untuk membantu meringankan biaya tiket kereta api Bandara YIA.

“Selain untuk meningkatkan perekonomian, manfaat yang tidak kalah penting dari keberadaan KA Bandara YIA ini adalah mengurangi tingkat kemacetan yang bisa menimbulkan biaya tinggi dan pengurangan polusi udara,” jelas Zulfikri.

Jadwal KA Bandara YIA

Sementara itu, untuk jadwal perjalanan KA Bandara YIA masih sama dengan periode uji coba yakni sebanyak 8 kali perjalanan per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.