Mendag Lutfi: Harga dan Stok Bahan Pokok di Masa PPKM Terkendali dan Stabil

Kompas.com - 17/09/2021, 15:38 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZALMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan harga dan stok bahan pokok di masa penerapan PPKM terkendali dan stabil.

Bahkan Mendag menyebut ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga. Komoditas tersebut yaitu beras, gula pasir, daging sapi, telur ayam ras, bawang merah, kedelai, dan bawang putih

"Kalau kita lihat harga dan stok bahan pokok di masa PPKM ini juga terkendali dan stabil," ujar Mendag Lutfi dalam konferensi pers Kinerja Perdagangan Agustus 2021 secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: PT PAL Dapat Lisensi Bikin Kapal Perang Canggih dari Inggris

Mendag memastikan bahwa kebutuhan pokok berupa beras, gula pasir, daging sapi, telur ayam ras, bawang merah, kedelai, dan bawang putih, akan tersedia untuk 1 hingga 2 bulan ke depan.

Sementara itu berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi (PIHPS) Nasional, komoditas yang terpantau mengalami penurunan di akhir pekan, Jumat (17/9/2021) adalah cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit hijau hingga bawang merah ukuran sedang.

Cabai merah besar terpantau merosot sebesar Rp 600 atau 2,07 persen menjadi Rp 28.350 per kilogram. Cabai merah keriting juga serupa yang turun sebesar Rp 450 atau 1,59 persen menjadi Rp 27.900 per kilogram, dan cabai rawit hijau turun sebesar Rp 300 atau 0,86 persen menjadi Rp 34.650 per kilogram.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara bawang ukuran sedang merosot sebesar Rp 450 atau 1,46 persen menjadi Rp 30.300 per kilogramnya.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi dan Covid-19 seperti 2 Siklus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.