Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Lutfi Minta Seluruh Pedagang di Pasar Rakyat Divaksin Covid-19

Kompas.com - 17/09/2021, 17:26 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta seluruh pedagang yang berada di pasar rakyat seluruhnya harus divaksin Covid-19.

Dengan begitu, menurut Lutfi, pemerintah bisa membuat kebijakan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat.

Sebelumnya Mendag Lutfi mengatakan, saat ini pasar rakyat belum bisa menerapkan aplikasi PeduliLindungi lantaran persentase masyarakat yang sudah divaksin masih minim.

Baca juga: Mulai Disuntikkan Pada Juli 2022, Berapa Harga Vaksin Merah Putih?

"Hasil yang kita dapatkan mereka belum siap untuk mengerjakan PeduliLindungi ini karena contohnya di Pasar Sederhana di Jawa Barat, Bandung, yang baru divaksin itu sekitar 8,9 persen. Padahal syaratnya semua pedagang dan pengusaha di pasar mesti 100 persen divaksin, jadi kita belum siap melaksanakan itu," ujar Mendag Lutfi dalam konferensi pers Kinerja Perdagangan Agustus 2021 secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Oleh sebab itu, lanjut Mendag, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan memastikan bahwa pasar-pasar terutama untuk pedagang beserta masyarakat di sekelilingnya harus divaksin 100 persen sebelum SOP PeduliLindungi dilaksanakan.

"Karena kita sadar, ketika PPKM ini, terjadi penurunan jumlah pengunjung dan omzet dari pedagang itu sendiri. Itu yang kita galakkan supaya kenyamanan orang, baik di mal maupun pusat perbelanjaan di luar mal atau di pasar rakyat mendapatkan suatu kenyamanan yaitu aman atau bisa berdampingan dengan Covid-19," kata Mendag.

Mendag juga berharap dalam 3-4 minggu ke depan, Mendag beserta Kemenkes memiliki progres yang baik untuk vaksin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com