Kompas.com - 17/09/2021, 18:11 WIB
Ilustrasi e-commerce, pembayaran non-tunai Thinkstock/DavilesIlustrasi e-commerce, pembayaran non-tunai

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu kredit digital menjadi salah satu layanan keuangan yang tengah ramai digandrungi oleh perbankan nasional. Ini selaras dengan pertumbuhan transaksi masyarakat secara daring melalui berbagai platform e-commerce.

Sejumlah perbankan mengakui, bisnis kartu kredit tengah mengalami tekanan akibat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Juli lalu. Sempat ditutupnya berbagai fasilitas publik seperti mal atau tempat wisata membuat transaksi kartu kredit merosot.

Namun demikian, khusus untuk transaksi kartu kredit secara daring tercatat masih tumbuh positif. Masyarakat sudah mulai terbiasa untuk melakukan pembelian secara online melalui berbagai platform e-commerce raksasa, dengan memilih opsi pembayaran menggunakan kartu kredit.

Baca juga: Targetkan Pertumbuhan Bisnis Kartu Kredit 7 Persen, Bank Mandiri Andalkan Transaksi E-Commerce

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi salah satu bank yang telah meluncurkan kartu kredit digital. Dalam peluncurannya, bank pelat merah ini menggandeng e-commerce raksasa, yakni Shopee dan Traveloka.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus Koernianto Triprakoso mengatakan, saat ini transaksi merchant e-commerce menjadi penopang bisnis kartu kredit perseroan. Oleh karenanya, kartu kredit digital diluncurkan untuk memaksimalkan potensi tersebut.

"Nasabah sudah terbiasa melakukan transaksi online oleh karena itu, Bank Mandiri bekerjasama dan terus melakukan pengembangan program di top player merchant e-commerce," katanya kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain itu dengan diluncurkannya produk terbaru Mandiri Shopee Card dan Mandiri Traveloka Card kami yakin akan memperkuat presence Mandiri Kartu Kredt di e-commerce," tambahnya.

Selain Bank Mandiri, sejumlah bank lain juga telah meluncurkan layanan kartu kredit digitalnya. Seperti halnya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang beberapa waktu lalu memperkenalkan Traveloka PayLater Virtual Card Number, sebuah layanan pembayaran cicilan untuk transaksi di Traveloka.

PT Bank MNC Internasional Tbk melalui aplikasi bank digitalnya, MotionBanking, juga telah meluncurkan kartu kredit virtual dengan nama MotionVisa. Kartu kredit virtual yang menggunakan teknologi artificial intelligence untuk proses credit scoring itu dapat digunakan untuk sejumlah transaksi online.

Yang terbaru, PT Bank DBS Indonesia meluncurkan kartu kredit digital dengan nama Kartu Kredit Digital Digibank. Layanan ini diluncurkan untuk menangkap potensi percepatan pertumbuhan transaksi nasabahnya di platform online.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.