Dapat Pendanaan Rp 32 Triliun, MPL Ingin Rambah Pasar AS

Kompas.com - 18/09/2021, 19:12 WIB
Co-Founder dan CEO MPL Sai Srinivas MPL IndonesiaCo-Founder dan CEO MPL Sai Srinivas

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform eSport dan mobile gaming, Mobile Premier League (MPL) mendapatkan pendanaan Seri E dari Legatum Capital dengan valuasi pre-money senilai 2,3 miliar dollar AS, atau setara Rp 32,6 triliun (kurs Rp 14.200).

MPL telah beroperasi selama dua tahun di Indonesia dan baru-baru ini ingin memperluas jaringannya secara global dengan memasuki pasar Amerika Serikat. Saat ini, MPL memiliki lebih dari 85 juta pengguna terdaftar secara global, sedangkan di Indonesia mencapai 5 juta pengguna terdaftar.

"Investasi ini merupakan pengakuan atas potensi industri game dan eSport serta dukungan terhadap kemampuan MPL untuk berkembang secara global. Kesuksesan MPL Indonesia mendorong kami untuk berekspansi ke Amerika Serikat, salah satu pasar game terbesar di dunia. Kami sangat optimis dengan kemajuan operasi kami di Amerika Serikat dan misi kami untuk menjadikan MPL sebagai pusat eSport dan gaming dunia," kata Co-founder dan CEO MPL Sai Srinivas dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/9/2021).

Country Head Mobile Premier League Indonesia Ridzki Syahputera menjelaskan, MPL akan menggunakan suntikan dana segar di Seri E untuk membiayai ekspansinya secara global, meningkatkan investasi di pengembangan teknologi lokal, dan mendorong pertumbuhan perusahaan di pasar lokal.

Baca juga: Menhub: Penerapan Ganjil-Genap Cegah Kepadatan di Kawasan Wisata

"MPL melihat potensi eSport yang sangat besar di Indonesia di mana saat ini dari sisi pendapatan mobile gaming berada di peringkat 1 di Asia Tenggara dan peringkat kedelapan di dunia. Oleh karena itu, Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi MPL," kata Ridzki.

Sementara itu, pendanaan terbaru diyakini akan membantu MPL menjaga komitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam bermain dan berkompetisi secara sportif di platform MPL Fairplay.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, strategi direct to consumer atau langsung menyasar konsumen yang dilakukan MPL menjadi kunci keberhasilan di pasar global. Strategi ini juga membantu MPL meningkatkan jumlah pengguna, konten gaming serta jumlah turnamen dalam platform MPL, mendorong kolaborasi, menjaga loyalitas pengguna, serta melakukan monetisasi.

MPL juga sudah bermitra dengan perusahaan investasi global Legatum Capital. Awal tahun ini, MPL telah mengakuisisi perusahaan eSport Gaming Monk untuk membantu mengembangkan kapabilitas eSport dan live streaming di platform MPL.

Pada awal September, MPL juga telah mengumumkan kemitraan dengan Play Magnus Group yang didirikan oleh grandmaster Catur dari Norwegia, Magnus Carlsen. Melalui kerja sama tersebut, MPL akan menggelar ajang Indian Circuit sebagai tahap kualifikasi untuk Meltwater Champion Chess Tour. Ajang ini merupakan ekspansi regional pertama yang pernah diadakan untuk Champion Chess Tour.

Baca juga: PT KAI Buka Lowongan Berbagai Formasi untuk Lulusan SMA hingga S1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.