Partial Delisting, Bank KB Bukopin Hapus Saham Bosowa dan Kopkapindo

Kompas.com - 20/09/2021, 12:08 WIB
KB Bukopin. Dok. KB BukopinKB Bukopin.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan partial delisting pada sebagaian saham Bank KB Bukopin (BBKP). Hal ini membuat, saham milik Koperasi Perkayuan Apkindo (Kopkapindo) dan PT Bosowa Corporindo sebanyak 514,12 juta saham dihapus, mulai hari ini Senin (20/9/2021).

Dalam pengumuman BEI disebutkan, partial delisting dilakukan untuk mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 tahun 1999, yang mengatur ketentuan kepemilikan saham yang kurang dari 1 persen, tidak lagi dicatatkan di BEI.

Dengan dilakukannya partial delisting tersebut, maka saham BBKP yang tercatat berjumlah 31,9 miliar saham. Sehingga total saham BBKP yang tidak dicatatkan yaitu 677,2 juta saham.

Baca juga: Bosowa Cabut Tuntutan ke Kookmin & OJK terkait Bank Bukopin

Saham tersebut milik Kopkapindo sebanyak 397,6 juta saham, Bosowa Corporindo 188,7 juta saham, dan Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo) 90,8 juta saham.

Sebagai informasi, Bank KB Bukopin tengah dalam pelaksanaan rights issue untuk menguatkan modal perusahaan. Hal ini dilakukan melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan I KB Bukopin Tahap I dan Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III KB Bukopin Tahap I Tahun 2021.

BBKP juga berencana menggalang dana untuk penambahan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 35,1 miliar saham baru sehaga Rp 100 per saham yang rencananya akan dicatatkan di BEI pada 29 September mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bank Syariah Bukopin Ganti Nama Jadi Bank KB Bukopin Syariah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.