Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba Penerbangan Perdana Super Air Jet Jakarta-Palembang, Seperti Apa Rasanya?

Kompas.com - 20/09/2021, 15:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Super Air Jet sudah mulai mengudara pada 6 Agustus 2021 dengan membuka rute penerbangan Jakarta-Kualanamu, Medan, dan Jakarta-Batam, Riau. Kini maskapai tersebut, membuka rute terbaru Jakarta-Palembang dengan penerbangan perdana pada 18 September 2021.

Super Air Jet merupakan maskapai penerbangan baru dengan konsep berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) yang pasarnya fokus kepada kalangan muda atau milenial.

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari mengatakan, pembukaan rute baru ini menambah frekuensi penerbangan Super Air Jet menjadi lima kali dalam sehari. Sebab Jakarta-Kualanamu dan Jakarta-Batam frekuensi penerbangannya kini sudah dua kali sehari, namun pada tahap awal Jakarta-Palembang masih satu kali sehari.

Baca juga: Super Air Jet Buka Rute Jakarta-Palembang PP Bertarif Rp 367.000

"Saat ini Super Air Jet menerbangi Kualanamu dan Batam dua kali sehari. Lalu pada hari ini tambah rute lagi ke Palembang, destinasi favorit ke tiga. Akhir September ini, Insya Allah akan menambah dua rute tujuan ke Pekanbaru dan Padang," ungkapnya dalam acara pembukaan rute baru Super Air Jet di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (18/9/2021) kemarin.

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan rute baru Super Air Jet di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (18/9/2021).

KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan rute baru Super Air Jet di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (18/9/2021).
Ari mengungkapkan, alasan maskapai membuka rute Jakarta-Palembang yakni karena dikenal sebagai salah satu rute paling ramai dengan tren pasar kategori kalangan muda yang terus tumbuh.

Menurutnya, Palembang menjadi salah satu destinasi favorit karena memiliki pemandangan layaknya Venesia yakni dengan spot instagramable Sungai Musi yang mengalir mengelilingi kota. Selain itu, kota ini terkenal dengan kain songket craftmanship.

"Didukung oleh telatennya para perajin, kreativitas desainer dan pelaku usaha mudanya, songket Palembang semakin berani mengembangkan motif dan teknik produksi,” kata Ari.

Adapun penerbangan rute Jakarta-Palembang dijadwalkan berangkat pukul 12.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) dengan tiba pukul 13.05 WIB di Bandara Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM).

Sementara penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II berangkan pukul 13.45 WIB dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.55 WIB.

Baca juga: Tren Masa Pandemi, Orang Super-Kaya Pilih Sewa Pesawat Pribadi

Suasana Penerbangan Super Air Jet

Kompas.com pun berkesempatan mengikuti penerbangan perdana Super Air Jet rute Jakarta-Palembang pada Sabtu lalu. Rute ini terbang dengan menggunakan Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Layaknya maskapai LCC, boarding pass atau tiket untuk masuk ke dalam pesawat Super Air Jet merupakan selembar kertas yang cukup tipis berisikan nama penumpang, kode penerbangan, destinasi dan keberangkatan, nomor kursi, hingga nomor gate.

Kendati demikian, penerbangan Super Air Jet ini memberikan layanan gratis 20 kilogram bagasi di setiap penerbangan. Selain itu bisa membawa barang untuk ditaruh di kabin dengan berat maksimal 7 kilogram dan dimensinya tak lebih dari 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Tarif yang dikenakan pada rute penerbangan Jakarta-Palembang Super Air Jet ini yakni sebesar Rp 367.000 untuk satu kali jalan.

Pramugari Super Air Jet dengan tampilan seragam yang casual berwarna 'khaki' atau warna bumi, gradasi antara warna cokelat dan warna putih. KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY Pramugari Super Air Jet dengan tampilan seragam yang casual berwarna 'khaki' atau warna bumi, gradasi antara warna cokelat dan warna putih.
Memasuki pesawat, penumpang akan disambut pramugari dan pramugara dengan tampilan seragam yang casual atau pakaian santai, mengikuti tren kalangan muda. Pramugarinya pun tak mengenakan rok seperti maskapai pada umumnya, melainkan mengenakan celana panjang.

Seragam kru pesawat Super Air Jet berwarna 'khaki' atau warna bumi karena berada dalam gradasi antara warna cokelat dan warna putih. Tujuannya agar tampilan kru terkesan natural (kalem), hangat, menenangkan, bersahabat, dan enerjik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com