Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KRL Melonjak, KAI Commuter Tegaskan Masih Ada Pembatasan

Kompas.com - 20/09/2021, 16:19 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Volume penumpang KRL Jabodetabek dalam beberapa pekan terakhir terus mengalami lonjakan karena aktivitas masyarakat yang juga kembali meningkat.

Ini tak lepas dari kembali berjalannya aktivitas ekonomi seiring dengan melandainya penyebaran Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyebut, pada hari kerja pekan lalu, sepanjang 13-17 September 2021 tercatat rata-rata harian pengguna KRL sejumlah 315.075 penumpang per hari.

Baca juga: Jadwal KRL pada Jam Sibuk Diatur Khusus, Siswa Sekolah Boleh Naik

Sementara pada pekan sebelumnya, yakni 6-10 September tercatat rata-rata harian pengguna KRL sejumlah 294.445 penumpang per hari.

Artinya, ada lonjakan penumpang KRL sekitar 7 persen sepanjang pekan lalu dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Bertambahnya volume pengguna KRL terus diantisipasi KAI Commuter di antaranya dengan melakukan pembatasan pengguna baik di stasiun maupun di dalam KRL,” ujar Anne Purba dalam keterangan resmi, Senin (20/9/2021).

“Petugas akan mengatur pengguna sesuai dengan kapasitas yang diizinkan,” sambungnya.

Volume penumpang KRL hari ini

Sementara itu, pantauan di seluruh stasiun pada Senin (20/9/2021) pagi ini tampak tertib dan lancar. Petugas di lapangan dengan teliti memeriksa persyaratan naik KRL yang dibawa pengguna yaitu dengan menunjukkan sertifikat vaksin dalam bentuk digital maupun cetak.

Baca juga: Cek Perubahan Jadwal MRT Jakarta Mulai 13 September 2021

Hingga pukul 08.00 WIB pengguna di seluruh stasiun tercatat ada 104.514 orang atau bertambah sekitar 9 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu yaitu sebanyak 95.469 orang.

Adapun stasiun yang mencatatkan kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bogor dengan jumlah 8.329 pengguna atau naik 9 persen dibanding pekan lalu waktu yang sama.

Selanjutnya, Stasiun Bekasi mencatatkan penumpang KRL sebanyak 5.058 pengguna atau naik 3 persen, dan Stasiun Parungpanjang dengan jumlah 4.141 pengguna alias naik 8 persen.

“Operasional dan layanan KRL tetap berjalan normal dengan 994 perjalanan per hari dimulai pukul 04.00-22.00 WIB,” ujar Anne Purba.

Sebanyak 307 perjalanan di jam sibuk pagi pukul 04.00-09.00 WIB dan 243 perjalanan di jam sibuk sore pukul 16.00-20.00 WIB.

“Agar terhindar dari potensi antrean, pengguna dapat melihat informasi kepadatan di stasiun melalui aplikasi KRL Access atau menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk,” serunya.

Baca juga: Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Naik KRL, Apa STRP Masih Berlaku?

“Seluruh upaya terus dilakukan KAI Commuter agar pengguna merasa aman, nyaman, dan sehat saat naik KRL. Tetap upayakan berkegiatan dari rumah, gunakan KRL hanya saat kondisi mendesak,” lanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com