Krisis Evergrande di China Bisa Pengaruhi Ekonomi Global?

Kompas.com - 21/09/2021, 13:25 WIB
Pengembang properti asal China, Evergrande Group Straits TimesPengembang properti asal China, Evergrande Group
Penulis Mutia Fauzia
|


BEIJING, KOMPAS.COM - Krisis Evergrande, yang terjadi akibat raksasa properti asal China itu mengalami masalah likuiditas, dianggap bisa berpengaruh terhadap kondisi perekonomian global.

Dilansir dari CNBC, Selasa (21/9/2021), di tengah ancaman perluasan dampak tersebut, banyak pihak menilai pemerintah China akan ikut campur dalam proses penyelesaian masalah sebelum akhirnya krisis Evergrande memberikan dampak pada sistem perbankan.

Namun demikian, yang menjadi pertanyaan kali ini adalah bagaimana dan kapan pemerintah China bakal mengendalikan situasi dan mengumumkan rencana untuk melakukan restrukturisasi terhadap Evergrande Group.

Tak sedikit pula investor yang pesimistis pemerintah China bakal melakukan penyelamatan terhadap Evergrande.

"Setiap orang mengharapkan pemerintah akan memberikan resolusi yang baik, sebab Evergrande merupakan perusahaan yang penting secara sistemik," ujar Chief Investment Officer Rockefeller Global Family Office Jimmy Chang.

Baca juga: 5 Hal Penting Soal Krisis Raksasa Properti China Evergrande

Secara keseluruhan, Evergrande memiliki kewajiban berupa utang sebesar 300 miliar dollar As atau sekitar Rp 4.260 triliun (kurs Rp 14.200).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sampai dengan akhir pekan, total utang yang jatuh tempo diperkirakan lebih dari 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun.

"Terdapat risiko penularan bila masalah Evergrande di China tidak terselesaikan. Saya pikir akan ada perusahaan pelat merah dengan kondisi keuangan yang baik yang bakal mengambil alih (Evergrande Group)," ujar dia.

Beberapa pihak menilai, krisis Evergrande tak bakal menyebabkan krisis keuangan, seperti krisis Lehman Brothers pada tahun 2008 lalu.

Namun, risiko Evergrande bakal menyebabkan gejolak baru di perekonomian sangat mungkin terjadi.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.