Kemendag Akan Latih 1.000 Juru Ukur dan Juru Timbang Setiap Tahunnya

Kompas.com - 21/09/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi KOMPAS/DIDIE SWIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan bakal melatih 1.000 orang pengelola pasar sebagai juru ukur, juru takar, dan juru timbang setiap tahunnya.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, pelatihan itu dilakukan melalui skema kolaborasi dengan pemerintah daerah dan pasar untuk memastikan bahwa metrologi legal bisa dijalankan dengan baik dan bisa diawasi.

Perlu diketahui sebelumnya, metrologi legal adalah metrologi yang mengelola satuan-satuan ukuran, metoda-metoda pengukuran, dan alat-alat ukur yang menyangkut persyaratan teknik dan peraturan berdasarkan undang-undang kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran.

Baca juga: Kemendag Sebut FTA Buka Peluang Masuknya Investasi ke Indonesia

"Oleh karena itu pemerintah memiliki kebijakan Metrologi Legal untuk memastikan kebijakan perlindungan konsumen terlaksana dan ketertiban usaha di Indonesia juga tetap terjaga," ujar Mendag dalam Webinar Melek Metrologi: Pedagang Patuh Konsumen Terlindungi yang disiarkan secara virtual, Selasa (21/9/2021).

Mendag mengatakan, hingga saat ini sudah ada 1.588 pasar tertib ukur dan 65 daerah tertib ukur. 

Mendag membeberkan hingga tahun 2021, pihaknya telah melatih 421 juru ukur takar dan timbangan yang disebar di 107 kabupaten dan kota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lalu ada juga 350 calon pengelola pasar yang dijadwalkan untuk dilatih sebagai juru ukur, juru takar dan juru timbang," ungkap Mendag.

Baca juga: Cegah Kebocoran Data, Kemendag Blokir 2.453 Jasa Cetak Kartu Vaksin di Marketplace

Dengan adanya juru ukur dan juru timbang ini, Mendag berharap, semua aktivitas metrologi ilegal yang merugikan pelaku usaha dan konsumen bisa dicegah dan dikurangi.

"Berharap dengan ini semua bisa dipastikan tidak ada yang merugikan aktivitas perdagangan baik pelaku usaha maupun konsumen," kata Mendag.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.