Citilink Raih Predikat Maskapai LCC dengan Layanan Kesehatan Terbaik Saat Pandemi

Kompas.com - 21/09/2021, 17:57 WIB
Ilustrasi pesawat - Salah satu pesawat dari maskapai penerbangan Citilink. dok. CitilinkIlustrasi pesawat - Salah satu pesawat dari maskapai penerbangan Citilink.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink mendapatkan predikat 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan global independen yang berbasis di Inggris. Hal itu diumumkan di laman resmi Skytrax pada hari ini Selasa (21/9/2021).

Predikat tersebut menjadikan Citilink sebagai maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) kedua di dunia yang mendapatkan 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating, setelah maskapai asal Singapura, Scoot.

Masuknya Citilink ke predikat tersebut, sekaligus menjadikan total ada 15 maskapai di dunia yang kini mendapatkan 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating dari Skytrax.

Baca juga: Dukung PON di Papua, Garuda Indonesia dan Citilink Tambah Frekuensi Penerbangan

Direktur Utama Citilink Juliandra menjelaskan, predikat tersebut merupakan penilaian tertinggi yang diberikan kepada maskapai penerbangan atas penerapan protokol kesehatan terbaik dalam layanan penerbangan di tengah situasi pandemi Covid-19. 

"Predikat ini merupakan pengakuan global atas kualitas penerapan protokol kesehatan yang baik dalam penerbangan Citilink khususnya di masa pandemi Covid-19," ujar Juliandra dalam keterangan resminya, Selasa (21/9/2021).

Ia mengatakan, pencapaian predikat tersebut didasarkan pada proses audit yang dilakukan Skytrax pada Agustus 2021. Citilink sendiri telah melakukan persiapan audit tersebut sejak Januari 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Audit mencakup keseluruhan aspek penerapan protokol kesehatan, utamanya dalam memberikan pelayanan di masa pandemi Covid-19 yang meliputi tahapan pre-, in- hingga post-flight. 

Juliandra memastikan, Citilink terus berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik. Serta mengembangkan berbagai layanan di seluruh fase penerbangan demi menciptakan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh penumpang Citilink.

Sementara itu, CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan, pihaknya memberikan predikat 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating, setelah mempertimbangkan upaya yang telah dilakukan Citilink dalam memberikan standar kebersihan tertinggi bagi penumpangnya.

"Manajemen dan karyawan Citilink telah melampaui standar industri untuk memitigasi risiko penularan Covid-19 dalam rangka memulihkan kepercayaan penumpang untuk kembali bepergian menggunakan pesawat,” ujar Edward.

Baca juga: Intip Penampilan Pramugari Citilink dengan Seragam Baru

Sekedar diketahui, audit Skytrax dilakukan untuk memastikan bahwa Citilink telah memiliki prosedur atau menyempurnakan prosedur dengan memasukkan standar prosedur kesehatan terkait Covid-19. Prosedur kesehatan itu baik fase sebelum, saat terbang, maupun sesudah penerbangan (pre-, in-, dan post flight). 

Secara garis besar aspek penilaian Audit Skytrax yang dilakukan adalah pre-flight yang mencakup website, automatic check-in process, dan boarding management.

Lalu in-flight yang mencakup customer & cabin staff PPE (Personal Protective Equipment), cabin staff assistance, disembark management and cabin cleanliness. Serta post-flight yang mencakup arrival and baggage reclaim. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.