Kompas.com - 22/09/2021, 07:42 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan menguat pada Rabu (22/9/2021). Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal pergerakan IHSG telah mencapai area oversold sehingga ada potensi rebound jangka pendek.

“IHSG diprediksi menguat. Namun penguatan diperkirakan hanya bersifat sementara. Pergerakan pasar saham masih dibayangi kekhawatiran akibat rencana Tapering The Fed serta kekhawatiran dari kasus Evergrande yang mengalami gagal bayar,” ujar Dennies dalam rekomendasinya.

Dennies memproyeksikan hari ini IHSG akan bergerak resistance pada level 6.113 hingga 6.086, dan support pada level 6.014 hingga 5.969.

Baca juga: Terakhir Hari Ini, Segera Beli Pelatihan Pertama Kartu Prakerja Gelombang 18

Hal senada disampaikan Analis Panin Sekuritas William Hartanto. Menurut William, penguatan IHSG berpeluang terjadi hari ini, setelah IHSG menyentuh support 6.000 dan membentuk pola long legged doji.

“Selesai menyentuh support pada 6.000 dan membentuk pola long legged doji, IHSG berpotensi mengalami technical rebound. Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam 6.000 hingga 6.172,” jelas William.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi juga memprediksi penguatan pada IHSG. Dia bilang, meskipun melemah secara teknikal IHSG membentuk pola bullish counter attack candlestick yang memiliki shadow low yang cukup mengindikasikan potensi terjadinnya rebound jangka pendek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Asosiasi Travel Minta Kebijakan Karantina Jemaah Umrah Dihapus

“Pergerakan terlihat whipsaw pada lower bollinger bands. Indikator stochastic dan RSI masih cukup berat dengan tekanan bearish momentum dari area overbought. Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi mencoba menguat terbatas pada support resistance 6.046 – 6.117,” ujar Lanjar.

Adapun rekomendasi teknikal dari dua perusahaan sekuritas sebagai berikut:

1. Artha Sekuritas

ERAA entry level 580 – 600, TP 620 – 640, stop loss 570.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.