Kemendag Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan E-commerce

Kompas.com - 22/09/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan mengajak pelaku usaha dalam negeri untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital dan bergabung ke e-commerce, baik yang bergerak dalam perdagangan dalam negeri maupun ekspor.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi, dalam sambutannya di acara pelatihan “B2B E-commerce Opportunities for Indonesian Export Oriented Companies” menuturkan, para pelaku bisnis harus siap beradaptasi dan join ke e-commerce yang ada.

“Dengan bergabung dalam platform e-commerce, berbagai produk Indonesia yang ada bisa langsung dilihat langsung oleh pasar global. Ini peluang yang amat besar,” kata Didi dalam keterangan resmi, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Manfaatkan E-commerce, UMKM Tetap Cuan di Tengah Pandemi

Kontribusi ekonomi digital ini diproyeksikan akan terus meningkat. Dengan melalui platform digital, semua akan tumbuh cepat. Namun, platform digital masih butuh dukungan agar bisa membantu meningkatkan jumlah UKM yang bisa melakukan ekspor.

Sementara itu, Cindy Cesara, Development Certification Services Analyst di Kemendag, mengungkapkan, dari riset mengenai e-commerce yang diselenggarakan oleh Kemendag dan Arise+ Indonesia diketahui bahwa saat ini ada lima kategori produk Indonesia yang diminati pasar global.

"Kelima kategori produk itu adalah makanan dan minuman (F&B), handicraft (kerajinan), apparel (pakaian), footwear (alas kaki), dan furniture (mebel)," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Sr. Export Manager Madeinindonesia.com Rico Dwi menyebutkan, kurangnya visibilitas dan promosi merek (branding) produk Indonesia di pasar mancanegara membuat produk Indonesia kurang diketahui pasar.

“Kehadiran platform B2B e-commerce Madeinindonesia.com ini membantu penjual dan perusahaan untuk meningkatkan visibilitas di pasar global. Platform ini juga memudahkan penjual [Indonesia] dan pembeli potensial untuk bertemu [dan membuat kesepakatan bisnis],” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.