Kompas.com - 23/09/2021, 06:54 WIB
Ilustrasi konsumen Thinkstockphotos.comIlustrasi konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan berbelanja memang sangat mengasyikan. Mulai dari mencari barang yang diinginkan, memilih-milih mana yang sesuai, mencobanya hingga akhirnya membayar.

Tidak heran banyak orang sampai kecanduan berbelanja.

Namun lebih dari itu, kita dituntut untuk menjadi konsumen yang cerdas dan teliti, yang bisa memilih produk mana yang layak dibeli dan mana yang tidak agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Ciptakan Perlindungan Konsumen, BSN Rumuskan SNI Produk HPTL

Lalu, bagaimana menjadi konsumen cerdas?

Mengutip dari media sosial Instagram @kemendag, Kamis (23/9/2021), berikut adalah 5 tips menjadi konsumen yang teliti.

1. Cek logo SNI

SNI merupakan standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk berbagai hasil produksi yang dibuat oleh masyarakat Indonesia, baik itu yang diproduksi secara perseorangan maupun yang diproduksi oleh sebuah badan atau perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini ini telah diatur di dalam Peraturan Menteri Perdagangan No.72/M-DAG/PER/9/2015 yang mewajibkan barang-barang dalam kategori tertentu harus diproduksi sesuai dengan SNI.

Adapun barang-barang yang wajib SNI di antaranya adalah peralatan makan, barang elektronik, gas elpiji, mainan anak, makanan, air minum dalam kemasan (AMDK), dan helm.

2. Cek kartu garansi

Garansi memberikan hak pelanggan untuk meminta produsen menangani masalah apapun sesuai dengan persyaratan dan ketentuannya.

Usahakan membeli produk yang memiliki kartu garansi agar ketika produk yang dibeli rusak, bisa langsung diganti dengan produk yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.