Lolos Kartu Prakerja Gelombang 21? Segera Beli Pelatihan agar Terhindar Blacklist

Kompas.com - 23/09/2021, 09:20 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 20 sudah dibuka di www.prakerja.go.id. Simak cara daftar Prakerja Gelombang 20 DOK. SHUTTERSTOCKKartu Prakerja Gelombang 20 sudah dibuka di www.prakerja.go.id. Simak cara daftar Prakerja Gelombang 20

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Kartu Prakerja telah mengumumkan hasil seleksi peserta Kartu Prakerja gelombang 21 pukul 20.00 WIB semalam. Bagi kamu yang lolos seleksi, segera beli pelatihan pertama hingga tiga hari ke depan.

Berdasarkan aturan, kamu diberi waktu sekitar 30 hari untuk mengikuti pelatihan yang tersedia, setelah dinyatakan diterima menjadi peserta. Bila tidak, namamu akan di-blacklist atau kepesertaanmu akan dicabut.

Dengan demikian, kamu tidak bisa mendapat insentif dari pemerintah. Pembelian pelatihan adalah salah satu syarat kamu bisa mendapat insentif Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Baca juga: Cara Daftar Jadi Mitra Pelatihan Kartu Prakerja

"Pastikan sobat memilih pelatihan dengan seksama karena kesempatan sobat untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali. Jadi, pilih pelatihan dengan bijak," kata PMO Kartu Prakerja mengutip Instagram resminya, @prakerja.go.id, Kamis (23/9/2021).

Saat ini saja, manajemen masih memantau status kepesertaan yang dicabut dari peserta gelombang ke-18 hingga gelombang 20 karena tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari. Jadi, pastikan kamu membeli pelatihan terlebih dahulu lewat saldo pelatihan yang telah disediakan.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, orang yang kepesertaannya dicabut tidak bisa mengikuti seleksi Kartu Prakerja kembali. Manajemen akan mencari orang lain yang lebih layak dan belum diterima menjadi peserta Kartu Prakerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti total kepesertaan yang dicabut akan dipulihkan dalam gelombang tambahan. Kapan gelombang tambahan itu dibuka akan ditentukan kemudian, yang pasti tidak dalam waktu dekat karena peserta gelombang 21 masih memiliki 30 hari dari hari ini untuk membeli pelatihan pertama," ucap Louisa.

Cara beli pelatihan

Saat ini, ada 7 platform pelatihan yang sudah menjalin kerja sama dengan Kartu Prakerja, yaitu Bukalapak, Kemnaker, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Pintaria, Karier.mu Sekolah.mu, dan Tokopedia. Kamu bisa memilih pelatihan di salah satu platform.

Setelah membeli pelatihan, biasanya ada kode voucer yang disediakan. Kode voucer ini akan tampak setelah melakukan pembelian pelatihan di platform digital. Kamu hanya perlu mengeceknya di halaman transaksi atau di e-mail yang terdaftar.

Baca juga: 89 Persen Pendaftar Kartu Prakerja adalah Pengangguran

Namun, bila kamu tidak bisa menggunakan kode voucer, kamu bisa menghubungi contact center yang tertera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.