Pemegang Saham Terbesar Kedua Jual Kepemilikan Evergrande

Kompas.com - 23/09/2021, 10:58 WIB
Pengembang properti asal China, Evergrande Group Straits TimesPengembang properti asal China, Evergrande Group

KOMPAS.com - Chinese Estates Holdings, menyatakan telah menjual saham Evergrande senilai 32 juta dolar AS dan berencana untuk melepas semua kepemilikannya.

Chinese Estates Holdings merupakan pemegang saham terbesar kedua China Evergrande yang dililit utang. Per 10 September, perusahaan tersebut memegang 6,50 persen saham Evergrande.

Perusahaan tersebut juga telah mengamanatkan penjualan seluruh atau sebagian dari sisa 5,66 persen saham Evergrande baik di pasar maupun melalui block trades (penjualan atau pembelian sekuritas dengan harga diatur antara dua pihak).

Baca juga: Ada Isu Evergrande dan Tapering, Apa yang Harus Dilakukan Investor?

Mandat pelepasan akan berlaku selama 12 bulan sejak tanggal rapat pemegang saham pada 23 September, kata Chinese Estates Holdings dalam sebuah pernyataan kepada bursa saham Hong Kong sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (23/9/2021).

Chinese Estates mengatakan telah menjual 108,91 juta saham, atau 0,82 persen dari modal saham yang diterbitkan Evergrande antara 30 Agustus hingga 21 September seharga 246,5 juta dollar Hong Kong (atau sekitar 32 juta dollar AS).

Sebelumnya diberitakan, raksasa properti China, Evergrande memiliki total utang mencapai 300 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.260 triliun (kurs Rp 14.200).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Utang Evergrande tersebut harus dibayarkan kepada pemilik rumah dan apartemen yang belum rampung dibangun hingga investor bahkan karyawan yang membeli produk wealth management perusahaan.

Baca juga: Alami Krisis Likuiditas, Evergrande Sampai Utang ke Karyawan

 

Dilansir dari The New York Times, Selasa (21/9/2021), di awal tahun ini, ketika Evergrande Group membutuhkan dana untuk membayar utang, mereka pun mengajukan dua pilihan sulit kepada karyawan, yakni bagi siapa saja yang ingin bonus tahunannya cair, harus memberikan pinjaman jangka pendek kepada perusahaan.

Akibat ancaman untuk memberikan utang atau tak mendapatkan bonus, karyawan Evergrande pun harus meminjam dana kepada rekan atau keluarga mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.