Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Investasi ke Startup Indonesia, Capria Ventures Gandeng Perusahaan Investasi Milik Pandu Sjahrir

Kompas.com - 23/09/2021, 13:24 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS) Capria Ventures menjalin kerja sama dengan perusahaan invetasi nasional, AC Ventures, dalam rangka memperkuat portofolio investasinya di Asia Tenggara.

Co-Founder & Managing Partner Capria Ventures Dave Richards mengatakan, dengan kerja sama ini, pihaknya akan melakukan investasi bersama secara langsung di portofolio perusahaan AC Ventures, yang memiliki terobosan solusi dengan potensi global.

“Pengalaman global Capria yang telah menjalin 14 kemitraan global menjadi nilai sendiri bagi perusahaan untuk mampu mengidentifikasi dan memahami usaha pasar yang sedang berkembang,” kata Dave dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Investasi di Karawang Capai Rp 13,83 Triliun, Peringkat Kedua di Jawa Barat

Dave menambahkan, kolaborasi itu terjalin karena kedua perusahaan dinilai memiliki orientasi yang sama, yakni berinvestasi pada perusahaan-perusahaan berbasis teknologi di Indonesia.

“AC Ventures dan Capria memiliki pendekatan yang sama sebagai investor langsung,” ujar dia.

Sementara itu, Founding and Managing Partner AC Ventures Adrian Li mengatakan, kerja sama ini menunjukan masih tingginya potensi investasi di dalam negeri.

“Capria menyatukan sekelompok manajer dana yang terpercaya dari Global South, di mana dinamika pasar hampir serupa,” kata dia.

Saat ini, AC Ventures mengelola lebih dari 300 juta dollar AS Asset Under Management (AUM) yang diinvestasikan di lebih dari 100 perusahaan di empat dana.

Baca juga: Kejar Investasi Rp 1.200 Triliun di 2022, Bahlil Minta Anggaran Kementeriannya Ditambah Rp 600 Miliar

“AC Ventures juga berencana untuk menyelesaikan penutupan akhir dengan target dana mencapai 120 juta dollar AS tahun ini,” ucap Adrian.

Sebagai informasi, AC Ventures adalah perusahaan modal ventura yang berinvestasi pada startup di tahap awal dengan berfokus pada pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Perusahaan ini didirikan oleh Pandu Sjahrir, Adrian Li, dan Michael Soerijadji, ACV menyatukan rekam jejak operasi dan investasi yang kuat dari Indonesia, Asia Tenggara, dan China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com