Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Kabel Listrik Bawah Laut, Sun Cable Suntik Dana Investasi ke RI Rp 36,6 Triliun

Kompas.com - 23/09/2021, 15:43 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan asal Australia-Singapura, Sun Cable menyuntikkan dana investasinya ke Indonesia senilai 2,58 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 36,6 triliun lebih (kurs Rp 14.200) untuk membangun kabel listrik bawah laut Australia-Asia PowerLink (AAPowerLink).

Penyerahan dana investasi tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia HE Penny Williams di Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Luhut: Tunjukkan ke Dunia, Indonesia Bukan seperti 10 Tahun Lalu

Luhut mengaku senang Sun Cable melakukan investasi di Indonesia dengan nilai lebih dari 2 miliar dollar AS.

"Project ini akan menghubungkan kabel dari Australia ke Singapura. Investasi ini membuktikan Indonesia merupakan negara yang mendukung renewable energy. Investasi ini akan memberikan dampak yang baik untuk generasi ke depan," ujar Luhut dalam tayangan virtual, Kamis.

Dengan masuknya investasi dari perusahaan energi terbarukan ini, lanjutnya, diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia.

Luhut menambahkan, komitmen Sun Cable dalam transfer ilmu pengetahuan untuk mendukung pengembangan energi terbarukan dengan Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi 10 November serta pemberian beasiswa akan mampu mendorong inovasi di bidang energi terbarukan di masa depan.

Di sisi lain, adanya investasi ini akan membantu meningkatkan kinerja Indonesia sebagai negara utama di ASEAN yang mampu meraih target penurunan emisi karbon.

Baca juga: Sebut Gernas BBI dan Penanganan Covid-19 Baik, Luhut: Itu karena Leadership Presiden yang Kuat

"ASEAN memiliki target 23 persen bauran energi dari sektor energi terbarukan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Australia untuk Indonesia HE Penny Williams berterima kasih kepada Luhut atas dukungannya terhadap proyek energi terbarukan milik Sun Cable dan investasi Australia secara keseluruhan di Indonesia.

"Australia percaya pada pendekatan berbasis teknologi untuk memerangi perubahan iklim dan saya senang pemerintah Indonesia telah mendukung proyek Sun Cable untuk memanfaatkan dan berbagi kekuatan energi surya," ujar Penny.

"Kami menantikan Sun Cable untuk investasi, berbagi pengetahuan, menciptakan lapangan kerja, serta berkontribusi pada penguatan hubungan ekonomi Indonesia-Australia," imbuh dia.

Sementara itu, CEO Sun Cable David Griffin berpendapat, dengan potensi baterai lithium yang ada di Indonesia, terdapat peluang pengadaan baterai listrik bagi perusahaan manufaktur di Indonesia sebesar 600 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,5 triliun.

Baca juga: Mengenal Blok Wabu, Gunung Emas dalam Konflik Luhut Vs Haris Azhar

Selain itu, dalam melakukan investasi kabel listrik bawah laut, Sun Cable telah mematuhi alur sebagaimana diatur dalam Kepmen KP No. 14/2021 Tentang Alur Pipa dan/atau Kabel Bawah Laut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com