Dukung UMKM Go Digital, OttoPay Maksimalkan Sistem Pencatatan Transaksi dan Stok Barang

Kompas.com - 23/09/2021, 16:08 WIB
Ilustrasi belanja online. SHUTTERSTOCK/Paisit TeeraphatsakoolIlustrasi belanja online.

JAKARTA, KOMPAS.com – Aplikasi dagang milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, OttoPay yang menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir untuk memaksimalkan UMKM digital, terutama dari sisi pencatatan transaksi dan penyediaan stok barang.

Melalui kedua layanan ini, OttoPay berhasil mencatat total transaksi QRIS hingga 60 persen dan memberdayakan ribuan mitra UMKM yang memanfaatkan penyediaan barang selama pandemi.

Baca juga: Menkop Teten: Sudah 15,9 Juta UMKM Masuk ke Pasar Digital

Senior Product Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Muhammad Alfi Nurcahyo mengatakan, pihaknya optimis dengan kemampuan mitra UMKM dalam beradaptasi dan terbiasa menggunakan layanan digital, sehingga dapat memaksimalkan sektor UMKM secara menyeluruh dan turut berperan serta dalam mendongkrak persiapan digitalisasi UMKM.

“Kontribusi industri teknologi finansial kepada UMKM akan terus memunculkan harapan baru, maka OttoPay berupaya memaksimalkan kesiapan digitalisasi UMKM dengan menghadirkan OttoKasir untuk mempermudah pencatatan transaksi digital serta pengelolaan stok barang mitra dan OttoGrosir yang akan memperkuat dan melengkapi penyediaan barang bagi mitra,” kata Muhammad Alfi, dalam siaran pers, Kamis (23/9/2021).

OttoPay mendukung persiapan digitalisasi UMKM dengan menghadirkan OttoKasir, aplikasi yang membantu pencatatan secara rinci, menyeluruh, dan terintegrasi baik bagi mitra OttoPay, modern merchant, maupun OttoGrosir.

Baca juga: Teten Masduki Janji Akan Penuhi Tuntutan Asosiasi UMKM

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aplikasi OttoKasir sendiri menyediakan pencatatan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang tunai, QRIS, dan kasbon sehingga pengguna tidak perlu khawatir apabila pencatatan keuangannya tidak terdata dengan baik.

Selama periode Oktober 2020–Agustus 2021, 60 persen transaksi yang tercatat dalam aplikasi OttoKasir berasal dari QRIS, serta mitra-mitra yang sudah menggunakan OttoKasir lebih terbantu dalam operasional usaha.

Dari segi pencatatan transaksi digital dan operasional, persentase tersebut memantapkan posisi OttoPay dalam mendukung persiapan UMKM untuk go digital.

Di sisi lain, OttoPay memahami, penyediaan barang yang efisien berperan penting dalam digitalisasi UMKM, terutama dalam hal kemudahan akses distribusi ke warung dan toko-toko kelontong.

Karena itu lah OttoPay menghadirkan OttoGrosir yang ada di kantor cabang OttoPay yang mewadahi kebutuhan setiap mitra melalui penyediaan barang-barang sembako atau bahan baku.

Baca juga: Serukan Beli Produk Lokal, Iriana Jokowi Tantang UMKM Manfaatkan Peluang Untuk Dongkrak Penjualan

Hingga saat ini, kantor cabang OttoGrosir telah melayani sekitar 2000 mitra OttoPay di 12 wilayah, yaitu: Jakarta, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, dan Palembang.

Ke depannya, OttoGrosir juga berencana memperluas jangkauan ke daerah lainnya dan menjalin kerja sama dengan para pemasok utama barang yang dibutuhkan oleh mitra-mitra OttoPay.

“Dalam penerapannya, kedua layanan ini akan terus kami evaluasi agar semakin efisien, solid, komprehensif, dan berkesinambungan mendukung digitalisasi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia sehingga memberikan bukti nyata dalam mendukung laju peningkatan ekonomi digital secara nasional,” tegas Alfi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.