Kompas.com - 23/09/2021, 21:07 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Marketing Officer (CMO) GK Hebat Ansari Kadir mengungkapkan salah satu faktor yang membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tak bisa tumbuh.

"UMKM itu bisa tumbuh asalkan ada keinginan untuk mengubah mindset kita bahwa kebanyakan UMKM itu bermain di zona nyaman atau comfort zone," ujarnya dalam acara KompasTalks, Kamis (23/9/2021).

"Di mana mereka hanya merasa 'sudahlah saya tidak usah tambah-tambah cabang, satu ini saja sudah untung. Kalau saya tambah cabang, hoki saya hilang'. Itulah yang menjadi problem klasik sebenarnya," sambung dia.

Padahal kata Ansari, perluasan bisnis bisa memberikan dampak besar bagi pelaku UMKM. Sebab pendapatan juga akan semakin besar.

Baca juga: Tak Lolos Prakerja Karena Permasalahan NIK? Ini Solusinya

Lantaran hal itu, Ansari mengajak pelaku UMKM dengan GK Hebat yang merupakan akselerator besutan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep.

"Jika bergabung dengan GK Hebat, mereka akan mendapatkan pendampingan dari sisi marketing, sales, atau dari HR, sampai dengan dia akan mengerti bagaimana caranya go digital. Jadi, untuk mendapatkan pendampingan modal bisnis yang bagus sampai dengan mendapatkan bisnis partner yang benar. Jadi value strateginya akan kita bina juga," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini kata Ansari, UMKM perlu memanfaatkan penjualan secara online. Sebab telah terjadi pergeseran belanja masyarakat dari offline ke online.

"Generasi sekarang itu ingin instan. Apalagi dengan adanya pandemi, pesan makan lewat online, pesan jasa lewat online. Kalau kita enggak ikut ke digital, kita akan ketinggalan sebagai UMKM," ujarnya.

Baca juga: Penyewa Mal hingga Pemilik Warung Keluhkan Kebijakan Anies soal Larangan Pajang Rokok

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.