Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Kartu Prakerja Diklaim Beri Dampak Positif ke Masyarakat

Kompas.com - 24/09/2021, 13:55 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, program Kartu Prakerja memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, khususnya di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19.

Menurut Puspa, tujuan utama program Kartu Prakerja adalah memberikan pelatihan untuk peningkatkan kompetensi. Hal ini ia sampaikan dalam Dialog Produktif Kabar Kamis Forum Merdeka Barat 9 Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Namun, jika ada peserta yang juga mengharapkan insentifnya, tentu saja itu manusiawi, mengingat kondisi pandemi yang menyulitkan banyak orang. Sebagai upaya pendampingan, kami terus memberikan edukasi, sosialisasi, juga rekomendasi pekerjaan, sesuai keterampilan yang didapatkan peserta saat mengikuti pelatihan," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Tren Belanja Online Naik Saat PPKM, Layanan GoSend Instant Tumbuh 40 Persen

Ia mengatakan program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang ke-21 dan menjangkau lebih dari 11,4 juta penerima manfaat di 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Ia menyebut pihaknya telah menerima sekitar 75 juta pendaftar Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan, diwujudkan dalam bentuk pelatihan yang berlangsung daring di masa pandemi, di samping bantuan sosial tunai.

Program ini ditujukan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kartu Prakerja diklaim terbukti efektif menjalankan fungsi sebagai program peningkatan keterampilan angkatan kerja Indonesia. Namun program ini tak bisa berjalan sendirian dalam mewujudkan visi Sumberdaya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju 2045.

Baca juga: Jubir: Pak Luhut Orangnya Sangat Terbuka, kalau Cuma Minta Klarifikasi Pasti Dijabanin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com